Tips Cara Menghadapi Sidang Skripsi Agar Tidak Gugup

Tips Cara Menghadapi Sidang Skripsi Agar Tidak Gugup

cara menghadapi sidang skripsi agar tidak gugup
Skripsi merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh setiap mahasiswa. Bagaimana tidak, skripsi merupakan suatu proses dimana mahasiswa akan dinyatakan lulus dari bangku kuliah atau harus mengulang skripsinya. Selain momen yang memang dinanti, sidang skripsi pun merupakan yang cukup mengerikan untuk dibayangkan oleh seorang mahasiswa, terlebih lagi bila harus mendaptkan dosen killer sebagai penguji.

Namun bagaimana pun juga tidak perlu menganggap sidang skripsi sebagai hal yang menakutkan, karena terdapat hal yang lebih penting dari pada memikirkan sidang skripsi, yaitu fokus mengerjakan skripsi agar cepat selesai dan menguasai skripsi yang anda buat.

Tetapi, jika anda tetap khawatir dan takut merasa gugup atau pun tidak bisa menjawab ketika ditanya oleh dosen penguji maka tidak perlu khawatir karena penulis akan membagikan beberapa tips yang bisa anda lakukan sebagai persiapan menghadapi sidang skripsi yang didasari pada pengalaman penulis sendiri. Simak pembahasannya sebagai berikut.

Cara presentasi sidang skripsi agar tidak gugup


1. Kuasai materi

Mungkin anda juga sudah tahu atau jika lupa dan mungkin memang belum tahu, maka akan penulis beritahu. Pada dasarnya semua penguji akan fokus pada hasil skripsi yang telah anda kerjakan. Maka menguasai isi dari skripsi yang anda buat adalah hal mutlak. Ketika anda selesai melakukan presentasi maka bersiaplah dengan berbagai pertanyaan yang akan diajukan oleh para dosen penguji, dan jangan sampai anda tidak bisa menjawab apa yang mereka tanyakan.

Hal itu tentu akan membuat nilai yang anda dapatkan menjadi tidak maksimal, terlebih lagi jika banyak pertanyaan dari dosen penguji yang tidak bisa anda jawab, mungkin akan membuat anda harus mengulangi sidang atau bahkan harus mengulang skripsi.

Ketika anda sudah benar-benar menguasai isi dari skripsi yang anda buat, maka sebenarnya tidak ada yang perlu anda khawatirkan lagi, karena kemungkinan besar anda akan lolos dari pertanyaan yang diajukan oleh dosen penguji. 

Jadi tugas anda sekarang adalah untuk benar-benar memahami setiap poin dari skripsi yang anda buat, terlebih lagi jika anda meminta bantuan orang lain untuk membantu menyelesaikan skripsi anda.

2. Latihan presentasi dan berbicara

Ketika sidang skripsi, anda akan mempresentasikan isi skripsi yang anda buat, dan bisa jadi hal itu merupakan presentasi terlama yang pernah anda alami selama masa kuliah, setidaknya itulah yang dialami penulis.

Mempresentasikan isi skripsi di depan dosen penguji merupakan hal yang sangat melelahkan. Untuk melewati tahap ini dengan lancar maka diperlukan latihan agar anda tidak bingung kalimat apa yang ingin anda katakan.

Latihlah cara anda berbicara, jangan terlalu cepat dan jangan terlalu lambat. Pada dasarnya ketika anda melakukan presentasi maka anda ingin cepat menyelesaikan presentasi tersebut, namun itu adalah ide buruk, jangan berpikiran untuk cepat menyelesaikan presentasi, fokus lah untuk tetap menjelaskan isi skripsi yang anda buat dengan suara yang jelas.

Baca juga : Cara Menghilangkan Rasa Malas Paling Ampuh

Selain melatih cara berbicara, latih juga cara anda menggerakan tangan saat presentasi, buatlah senatural mungkin dan jangan terlalu kaku. Untuk melatihnya, anda bisa meniru bagaimana seorang presenter atau pun motivator menggerakan tangannya ketika sedang berbicara di depan umum.

3. Jangan menganggap skripsi sebagai sesuatu yang menakutkan

Awal mula kegugupan yang anda alami adalah menganggap sidang skripsi sebagai sesuatu yang menakutkan, dan membayangkan hal yang tidak-tidak, itu pula yang pernah dialami oleh penulis. Padahal pada kenyataannya saat sidang skripsi dimulai tidak semenakutkan seperti yang dibayangkan, dan menurut penulis tidak jauh berbeda seperti melakukan presentasi di depan kelas.

4. Kesimpulan

Terlepas dari gugup atau tidaknya ketika sidang berlangsung menurut penulis bukanlah sesuatu yang penting. Karena yang paling penting adalah penguasaan dari isi skripsi yang kita buat agar kita bisa menjawab semua pertanyaan yang diajukan penguji.

Yang tidak kalah penting lainnya adalah isi dari skripsi yang anda buat, pastikan tidak ada kesalahan atau pun kekeliruan, karena jika pada isi skripsi terdapat kekeliruan maka akan dijadikan senjata oleh penguji untuk menyerang anda.

Pada akhirnya rasa gugup itu akan hilang dengan sendirinya ketika anda sudah berada di dalam ruang sidang cukup lama, dan jika rasa gugup itu tidak hilang maka bukan menjadi masalah selama anda menguasai skripsi yang anda buat. 

Karena yang menjadi masalah adalah ketika anda merasa gugup karena tidak menguasai isi skripsi yang dibuat, dan cukup banyak juga mahasiswa yang kebingungan menjawab pertanyaan penguji karena mahasiswa tersebut tidak menguasi skripsi yang mereka buat.
Disqus
Komentar via Disqus