Apa Itu VPN ? Pengertian dan Manfaatnya

Apa Itu VPN ? Pengertian dan Manfaatnya

apa itu vpn

Apa itu VPN ? Beberapa dari kita yang sering berselancar di internet mungkin sudah tidak asing lagi dengan vpn, namun meskipun sudah sering digunakan tapi masih banyak orang yang belum paham betul apa sih fungsi vpn beserta manfaatnya. Jika Anda pun belum mengerti betul tentang vpn, silahkan simak pembahasannya berikut ini.
 

Apa itu VPN ? Berikut adalah pengertian dan manfaat dari vpn


VPN merupakan kependekan dari “Virtual Privat Network” Adalah suatu teknologi yang dapat menciptkan koneksi yang aman dan terenkripsi, yang mana kita ketahui bahwa jaringan internet cenderung kurang aman terlebih lagi untuk perusahaan.
 

Teknologi VPN dikembangkan dengan tujuan agar pengguna dari jarak jauh atau pun kantor cabang suatu perusahaan dapat mengakses aplikasi perusahaan atau pun sumber daya lainnya dengan aman.
 

VPN umumnya digunakan oleh pekerja jarak jauh yang memerlukan akses ke sumber daya perusahaan, konsumen yang ingin mengunduh file atau pun rekan bisnis yang memerlukan akses ke situs namun secara geografis terbatas.
 

Untuk dapat memastikan data akan dikirimkan melalui saluran yang aman, maka pengguna VPN harus melalui beberapa langkah metode autentikasi yang diantaranya seperti input sandi, token dan beberapa prosedur lainnya. Setelah autentikasi terverifikasi maka pengguna akan mendapatkan akses ke server VPN.
 

Penggunaan VPN dapat mengamankan transaksi yang dilakukan menggunakan koneksi internet karena data terenkripsi, selain itu VPN juga dapat menghindari pembatasan geografis dan melindungi identitas pengguna menjadi tetap anonim atau tidak diketahui.
 

Mekanisme keamanan
 

Pada dasarnya VPN tidak membuat koneksi sepenuhnya anonim, meskipun begitu penggunaan VPN ketika berselancar di internet akan membuat privasi lebih terjaga dan tingkat keamanan lebih baik jika dibandingkan tidak menggunakan VPN. Adapun model keamanan di dalam VPN adalah sebagai berikut.
 

Kerahasiaan, data yang dikirim via saluran VPN sepenuhnya akan terenkripsi, dengan begitu jika data dicuri maka si pencuri hanya akan mendapatkan data yang dienkripsi.
 

Otentikasi, hal tersebut agar mencegah pengguna yang tidak memiliki wewenang untuk mengakses VPN.
 

Integritas, untuk mendeteksi gangguan pesan yang dikirimkan.
 

Manfaat penggunaan VPN
 

Telah disinggung sebelumnya bahwa penggunaan VPN dapat membuat pengguna dari jarak jauh yang mengakses situs akan lebih aman. Selain itu, penggunaan VPN juga dapat menyembunyikan aktivitas penjelajahan pengguna ketika surfing menggunakan koneksi Wi-Fi publik. VPN juga memungkinkan pengguna untuk mengakses situs yang diblokir secara geografis.
 

Kesimpulan
 

Penjelasan singkat tentang apa itu VPN telah penulis jabarkan. Telah diketahui bahwa dasar utama pengembangan VPN adalah demi keamanan dan melindungi data dan privasi pengguna. Namun seperti biasanya, sesuatu dapat dimanfaatkan dengan cara yang positif atau pun negatif, termasuk dalam penggunaan vpn, hal itu kembali lagi pada diri masing-masing.
 

Image : thecoolist,com
Disqus
Komentar via Disqus