Cara Menghilangkan Bau Sepatu Dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Bau Sepatu Dengan Bahan Alami

cara menghilangkan bau sepatu
Cara menghilangkan bau sepatu. Penggunaan sepatu sudah menjadi suatu kebutuhan bagi banyak orang pada saat ini. Banyak kegiatan sehari-hari yang memerlukan penggunaan sepatu untuk menunjang aktivitas tersebut seperti ke kantor, sekolah, dinas dan masih banyak kegiatan lainnya.

Namun, penggunaan sepatu yang terlalu sering dapat memicu masalah yang umum terjadi, yaitu bau sepatu. Terlebih lagi bagi orang-orang yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan maka bau sepatu tentu akan lebih menyengat.

Celah udara yang minim pada sepatu serta keringat dapat memicu timbulnya bau sepatu. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk bisa menghilangkan bau sepatu yang kurang sedap. Untuk lebih jelasnya silahkan simak pembahasannya berikut ini.

Cara Menghilangkan Bau Sepatu Dengan Mudah


1. Kopi

Kopi merupakan bahan alami yang sangat mudah didapatkan, banyak orang yang memiliki persediaan kopi di rumahnya. Namun ternyata kopi bukan hanya nikmat ketika diminum, tetapi juga memiliki manfaat lain, yaitu untuk menghilangkan bau pada sepatu.

Cara penggunaannya cukup mudah, Anda tinggal menaburkan bubuk kopi ke dalam sepatu, lalu goyangkan sepatu beberapa kali agar kopi tersebar merata di dalam sepatu, kemudian tunggu beberapa saat.

Selanjutnya keluarkan bubuk kopi dari dalam sepatu dan biarkan sisa-sisa bubuk kopi masih menempel di rongga sepatu agar tetap menetralisir bau yang ada di dalam sepatu. Setelah itu aroma tidak sedap di dalam sepatu akan berkurang dan tergantikan dengan aroma kopi.

2. Koran

Sama halnya dengan kopi, keberadaan koran sangat mudah ditemukan. Koran dapat dimanfaatkan untuk menyerap bau yang ada di dalam sepatu. Penggunaannya yaitu dengan membentuk koran menjadi gumpalan dan memasukannya ke dalam sepatu sampai padat.

Lakukan hal tersebut ketika sepatu sedang tidak digunakan atau pun pada malam hari. Koran-koran yang disumpalkan ke dalam sepatu akan menyerap bau yang ada di dalam sepatu.

3. Bedak

Bedak memiliki aroma yang cukup wangi. Anda bisa gunakan bedak untuk menghilangkan bau sepatu yang tidak sedap. Taburkan bedak ke dalam sepatu dan goyangkan sepatu agar bedak tersebar merata di dalam sepatu dan diamkan semalaman. Pada pagi hari keluarkan taburan bedak tersebut dari dalam sepatu.

4. Sinar matahari

Panas yang dihasilkan oleh sinar matahari akan membuat bau yang ada di dalam sepatu menguap sehingga dapat mengurangi bau tidak sedap yang ada. Jemur sepatu di bawah terik sinar matahari sekitar 1-2 jam untuk mengurangi bau pada sepatu. Namun menjemur sepatu terlalu sering dapat membuat warna sepatu menjadi pudar secara perlahan.

5. Gunakan produk penghilang bau sepatu

Ini mungkin bukan merupakan bahan alami, tetapi mungkin merupakan cara yang paling ampuh dan praktis. Anda bisa membeli produk penghilang bau sepatu di Toko Online atau pun di minimarket. Penggunaan produk penghilang bau terbilang cukup praktis, Anda tinggal menyemprotkannya ke dalam sepatu dan biarkan beberapa saat, maka bau pun seketika hilang.

Tips Mencegah Munculnya Bau Tidak Sedap Pada Sepatu

1. Cuci kaki bersih

Banyak faktor yang dapat memicu munculnya bau tidak sedap pada sepatu, salah satunya adalah karena kaki yang tidak bersih lalu mengenakan sepatu. Oleh karena itu, pastikan kaki Anda dalam keadaan bersih saat akan menggunakan sepatu.

2. Tidak menggunakan kaos kaki

Tidak menggunakan kaos kaki saat menggunakan sepatu juga dapat menyebabkan sepatu menjadi bau, hal tersebut karena keringat diserap langsung oleh sepatu. Jika Anda sering menggunakan sepatu tanpa kaos kaki maka bisa jadi hal itu yang menyebabkan sepatu Anda menjadi bau.

3. Rutin mengganti kaos kaki

Jika poin sebelumnya penyebab bau sepatu karena tidak menggunakan kaos kaki. Pada poin ini penggunaan kaos kaki juga dapat memicu sepatu menjadi bau jika kaos kaki yang Anda gunakan jarang diganti. Gunakan kaos kaki maksimal untuk 2-3 hari saja, lebih sering mengganti kaos kaki maka lebih bagus.

4. Pilih sepatu yang tepat

Sepatu yang bau bisa jadi disebabkan oleh struktur sepatu itu sendiri. Pada dasarnya sepatu dirancang sedemikian rupa agar nyaman digunakan dan memiliki celah udara yang cukup. Namun, di beberapa sepatu tidak memiliki celah udara yang cukup sehingga membuat sepatu tersebut mudah menjadi bau.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan bau sepatu dan tips mencegah bau sepatu. Cara menghilangkan bau sepatu dengan bahan alami pada dasarnya cukup mudah diimplementasikan oleh siapapun dan tentu tanpa mengeluarkan biaya jika bahan-bahan tersebut sudah ada di rumah Anda.

Image:youtube,com
Disqus
Komentar via Disqus