Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) yang Baik dan Sopan

Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) yang Baik dan Sopan

contoh surat pengunduran diri yang baik dan sopan
Mengundurkan diri dari sebuah perusahaan merupakan hak bagi setiap karyawan, banyak alasan yang melatarbelakangi seorang karyawan mengundurkan diri dari pekerjaannya di suatu perusahaan.

Namun terlepas dari apapun alasan yang dimiliki oleh karyawan tersebut, yang terpenting adalah mengundurkan diri dari perusahaan harus melalui prosedur yang berlaku, yang paling umum adalah mengajukan pengunduran diri melalui surat.

Pada umumnya sebuah perusahaan telah menetapkan aturan termasuk prosedur pengunduran diri bagi karyawannya. Tidak sedikit dari perusahaan yang mewajibkan karyawannya mencari orang baru untuk menggantikan posisinya.

Karyawan yang ingin resign dari perusahaan harus melatih karyawan baru agar bisa mengerjakan tugas-tugas yang biasa dikerjakan oleh karyawan yang hendak resign tersebut, biasanya aturan ini berlaku bagi karyawan yang menempati posisi strategis atau posisi yang memerlukan keahlian khusus.

Mengundurkan diri dari sebuah perusahaan bukanlah perkara sederhana, oleh karena itu ada baiknya dipikirkan dengan matang, tidak sedikit para pegawai yang memutuskan untuk resign dari perusahaannya menyesal karena sulit untuk mencari pekerjaan baru atau pun gagal dalam merintis sebuah usaha dan pada akhirnya merasa telah salah dalam mengambil keputusan untuk keluar dari perusahaan.

Namun jika alasan untuk keluar dari perusahaan karena sudah tidak betah lagi dengan kondisi perusahaan maka patut dipertimbangkan kembali untuk mengundurkan diri dari perusahaan, karena faktanya bekerja di perusahaan manapun situasinya kurang lebih sama, yang terpenting adalah kita melatih diri untuk menyesuaikan diri dalam kondisi apapun.

Tetapi jika alasan pengunduran diri dari perusahaan adalah untuk memulai bisnis atau telah mendapatkan pekerjaan di tempat lain yang lebih baik maka hal tersebut sah-sah saja dan jika Anda ingin membuat surat pengunduran diri berikut adalah langkah-langkahnya.

Membuat surat pengunduran diri

Sebagai karyawan di dalam sebuah perusahaan tentu pernah mengalami masa-masa yang menyenangkan dan masa-masa kurang mengenakan, namun ketika membuat surat pengunduran diri ada baiknya cantumkanlah kesan terbaik selama menjadi karyawan di perusahaan tersebut.

Hal itu merupakan bentuk lain dari ucapan terimakasih kita karena telah diterima dan bekerja di perusahaan tersebut, bagaimana pun kita telah mendapatkan materi dan pengalaman yang berharga di perusahaan tempat kita bekerja.

Contoh surat pengunduran diri yang baik dan sopan


KOP SURAT PERUSAHAAN/INSTANSI

SURAT PENGUNDURAN DIRI


Kepada Yth.

Manajer Personalia
PT. Sukses Makmur Sejahtera

Dengan Hormat,

Bersama surat ini saya bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai karyawan PT. Sukses Makmur Sejahtera terhitung tanggal 25 Desember 2019.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk senantiasa belajar dan bekerka di PT. Sukses Makmur Sejahtera sebagai salah satu perusahaan terkemuka yang ada di indonesia. Banyak hal yang telah saya dapatkan selama bekerja di PT. Sukses Makmur Sejahtera yang utamanya adalah pengalaman serta kedisiplinan yang sangat tinggi.

Tidak lupa saya juga ingin memohon maaf kepada segenap karyawan serta jajaran manajemen PT. Sukses Makmur Sejahtera apabila terdapat ucapan atau tindakan saya yang kurang berkenan selama bekerja di perusahaan ini.

Saya berharap agar perusahaan terus berkembang dan lebih besar lagi sehingga dapat memberikan dampak positif khususnya bagi karyawan dan umumnya bagi bangsa dan negara.


Jakarta, 25 Desember 2019

Hormat saya


Ivan Permana

SURAT PENGUNDURAN DIRI



Kepada Yth.

Manajer HRD
PT. Jaya Abadi


Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Sulistyo
Jabatan : Staff PPIC
NIK : 35682212

Dengan ini bermaksud ingin menajukan pengunduran diri dari PT. Jaya Abadi, dikarenakan ingin membuka diri dalam peluang yang lain yaitu menjadi wirausaha dengan membuka usaha sendiri.

Tidak ada kata yang pantas yang bisa saya ucapkan selain ucapan terima kasih karena telah diberikan kesempatan untuk bekerja di perusahaan yang sangat mengutamakan kesejahteraan karyawannya, tidak lupa juga permintaan maaf saya kepada segenap rekan-rekan dan manajemen PT. Jaya Abadi bilamana terdapat kekeliruan yang pernah saya lakukan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya ajukan, atas perhatian serta dukungan yang telah diberikan, saya ucapkan terimakasih.


Jakarta, 25 Desember 2019

Hormat saya,


David Silva

Surat pengunduran diri yang baik dan sopan seyogyanya dibuat oleh karyawan jika ingin mengundurkan diri dari suatu perusahaan atau tempatnya bekerja, hal tersebut tentunya demi kepentingan diri kita sendiri bila mana di masa mendatang terdapat kepentingan yang melibatkan perusahaan atau rekan perusahaan tempat kita bekerja, maka kita tidak akan canggung karena mengundurkan diri secara baik-baik dari perusahaan.

Selain itu kita pun melamar dan diterima di perusahaan tempat kita bekerja secara baik-baik, sudah sepantasnya kita juga mengundurkan diri dari perusahaan tempat kita bekerja secara baik-baik juga.

Image : IndiaFilings,com
Disqus
Komentar via Disqus