Apa Itu COD (Cash On Delivery) Ulasan Lengkap

Apa Itu COD (Cash On Delivery) Ulasan Lengkap

apa itu cod
Apa itu COD - COD (Cash On Delivery) erat kaitannya dengan jual beli online yang pada saat ini perkembangannya sudah sangat pesat. Namun transaksi jual beli online pada masa awal berkembangnya kurang begitu aman, sehingga pada akhirnya muncullah metode COD yang membuat transaksi antara pembeli dan penjual lebih aman, lalu apa sih sebenarnya COD itu. Berikut adalah ulasan terkait pengertian cod.

Apa Itu COD ?


COD (Cash On Delivery) merupakan suatu transaksi yang mana pembayaran akan dilakukan ketika barang sampai di tangan pembeli, dengan adanya COD maka transaksi yang dilakukan cenderung lebih aman.

Pada saat ini transaksi jual beli online telah bertransformasi menjadi lebih aman dengan hadirnya marketplace yang memfasilitasi antara penjual dan pembeli sehingga tindakan penipuan dapat diminimalisir.

Meskipun demikian, COD masih banyak dilakukan terutama mereka yang akan membeli barang dari OLX dan Grup Facebook maka COD merupakan pilihan bijak untuk menghindari tindakan penipuan yang mungkin terjadi.

Selain itu, toko online yang memiliki skala besar juga banyak yang menyediakan metode pembayaran COD kepada pembeli mereka, seperti Lazada dan Blibli. Toko online tersebut akan mengirimkan produk terlebih dahulu kemudian pembeli membayar kepada kurir ketika produk yang mereka pesan telah sampai ke tempat mereka.

Keuntungan COD

1. Transaksi lebih aman

Telah dijelaskan sebelumnya, bahwa melakukan pembayaran melalui skema COD tentu jauh lebih aman, karena pembeli hanya akan melakukan pembayaran ketika barang telah ada di tangan mereka.

2. Menghindari produk tidak sesuai keinginan

Salah satu permasalahan yang banyak ditemui dalam jual beli online adalah produk yang dibeli tidak sesuai dengan keinginan pembeli, banyak faktor yang membuat hal ini sering terjadi.

Tetapi dengan skema COD maka hal ini dapat dicegah, tidak lain karena pembeli dapat melihat barang yang ingin dibeli secara langsung apakah sesuai atau tidak. Jika sesuai maka akan dilanjutkan ke pembayaran kepada pihak penjual.

3. Memfasilitasi pembeli tidak memiliki Rekening Bank / Kartu Kredit

Masih banyak orang yang belum memiliki rekening tabungan, namun mereka ingin membeli barang secara online. Dengan adanya COD maka hal ini dapat diatasi, pembeli akan membayar kepada penjual secara tunai.

Hal ini biasanya terjadi antara pembeli ke penjual perorangan yang mungkin ditemui di grup facebook atau pun olx.

Baca Juga : Apa Itu Japri ? Pengertian dan Ulasannya

Kesimpulan

Ketika kita hendak membeli barang bekas atau pun baru kepada penjual perorangan yang ditemui di dunia maya, maka sebaiknya gunakan metode cod untuk membuat transaksi lebih aman. Hal ini bisa dilakukan selama pembeli dan penjual masih berada di satu daerah atau tidak terpaut jarak yang begitu jauh. Sepakati lokasi yang aman untuk bertemu dan lakukan transaksi di daerah tersebut.

Sekian penjelasan terkait apa itu cod yang diuraikan oleh penulis. Semoga bermanfaat bagi kita semua ..

Image : digest africa
Disqus
Komentar via Disqus