Contoh Ancaman Militer dan Non Militer

Contoh Ancaman Militer dan Non Militer

Contoh ancaman militer dan non militer
Ancaman suatu Negara akan ada setiap saat, bentuk ancaman itu sendiri terbagi menjadi dua yaitu ancaman militer dan ancaman non militer. Ancaman militer merupakan suatu bentuk ancaman yang melibatkan angkatan bersenjata yang terorganisir sedemikian rupa sehingga dapat mengancam kedaulatan suatu negara, keutuhan wilayahnya dan mengancam jiwa masyarakat di suatu negara.

Sedangkan ancaman non militer merupakan suatu bentuk ancaman yang juga dapat membahayakan suatu negara, namun bentuk ancaman ini tidak melibatkan angkatan bersenjata dalam pelaksanaannya.

Meskipun demikian, ancaman non militer juga dapat mengancam kedaulatan suatu negara, keutuhan wilayah dan keselamatan masyarakatnya. Ancaman non militer tidak bersifat fisik dan cenderung tidak terlihat, ancaman non militer meliputi ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, teknologi dan informasi.

Contoh Ancaman Militer


1. Agresi

Agresi yang melibatkan pasukan bersenjata atau militer yang dilakukan oleh negara lain merupakan ancaman yang nyata. Agresi adalah menggerakan pasukan bersenjata oleh negara lain yang dapat mengancam kedaulatan suatu negara, keutuhan wilayah dan mengancam keselamatan warga sipil.

2. Pelanggaran Wilayah

Setiap pasukan militer yang dimiliki suatu negara wajib untuk menghormati kedaulatan negara lain dan mematuhi hukum internasional. Namun, pelanggaran dengan memasuki wilayah lain sering kali terjadi, dan hal ini dapat memicu konflik dan mengancam kedaulatan negara.

3. Sabotase

Sabotase merupakan tindakan pengrusakan terhadap suatu objek vital yang dimiliki oleh negara. Sabotase dilakukan sercara terencana sehingga menimbulkan kesan tragedi terjadi sebagai sebuah kecelakaan semata.

4. Spionase

Banyak informasi penting yang dimiliki oleh suatu negara dan informasi tersebut bersifat rahasia. Namun, dengan beberapa alasan banyak negara lain yang ingin mendapatkan informasi penting dari negara target yaitu dengan cara melakukan spionase dengan tujuan mendapatkan informasi berharga tanpa diketahui negara target.

5. Pemberontakan

Di suatu negara terkadang ada beberapa kelompok yang tidak terima terhadap kebijakan pemerintahnya dan tidak ingin pemerintahan tersebut memimpin. Pada akhirnya hal tersebut akan memicu pemberontakan dari kelompok ekstrimis yang dapat mengancam keamanan negara.

6. Perang Saudara

Perang saudara merupakan perang yang terjadi di suatu wilayah yang sama dan bukan perang dengan negara lain. Perang saudara umumnya terjadi karena dipicu oleh berbagai hal, dan hal sensitif dapat membuat kelompok lain tidak terima dan pada akhirnya menimbulkan bentrokan antara kedua kelompok atau lebih.

Contoh Ancaman Non Militer


1. Ancaman Politik

Banyak yang mengatakan bahwa kemakmuran suatu negara akan ditentukan oleh kebijakan politik yang diambil oleh negara tersebut. Disisi lain politik kotor dapat mengancam suatu negara. Tidak sedikit negara yang menjadi carut-marut akibat pemerintahan yang diktaktor dan sebagainya. Ancaman politik juga dapat diintervensi oleh negara lain melalui dalih HAM dan Demokrasi misalnya.

2. Ancaman Ekonomi

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa ekonomi merupakan pilar suatu negara. Ekonomi yang berjalan dengan baik akan membuat negara menjadi makmur. Tetapi ekonomi ini bersifat fluktuatif yang artinya dapat berubah-rubah. Ekonomi yang tidak stabil akan memicu inflasi yang tinggi, pengangguran, infrastruktur yang buruk dan masih banyak kekacauan lainnya yang akan mengganggu stabilitas suatu negara.

3. Ancaman Teknologi dan Informasi

Kemajuan teknologi telah membuat kehidupan manusia menjadi lebih mudah pada saat ini, tapi hal tersebut tidak berlaku sepenuhnya. Kemajuan teknologi juga dapat mengancam suatu negara seperti maraknya kejahatan siber, kejahatan perbankan, pencurian informasi dan lain sebagainya.

4. Ancaman Alam

Salah satu ancaman yang rentan dialami oleh setiap negara adalah ancaman yang diakibatkan oleh kondisi alam yaitu bencana seperti banjir, gempa, tsunami, longsor, dll. Mayoritas negara di dunia mengalami ancaman ini, karena memang pada dasarnya bencana alam tidak dapat dicegah. Kabar baiknya adalah beberapa bencana alam sudah dapat diprediksi kedatangannya, sehingga pemerintah dapat mengantisipasinya dan meminimalisir korban jiwa.

5. Ancaman Sosial Budaya

Isu-isu terkait agama, budaya, ras mudah sekali memicu pergesekan di kalangan masyarakat. Belum lagi kesenjangan sosial, ketidakadilan, keterbelakangan, kemiskinan yang terjadi di masyarakat dapat mengakibatkan kecemburuan di kalangan masyarakat yang kurang beruntung, hal ini tentu dapat memicu konflik di masyarakat.

Baca Juga : Pengertian Invasi

Pada dasarnya contoh ancaman militer dan ancaman non militer ada banyak, namun yang dijelaskan oleh penulis hanya sebagian kecilnya saja yang mana ancaman-ancaman tersebut yang seringkali terjadi.

Image : scmp,com ., newvision,co,ug
Disqus
Komentar via Disqus