Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 SD (Sekolah Dasar) yang Menarik

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 SD (Sekolah Dasar) yang Menarik

Contoh pidato perpisahan kelas 6 SD
Perpisahan sekolah merupakan sesuatu hal yang banyak membuat siswa-siswi sedih dibuatnya, bagaimana tidak, setelah bertahun-tahun mengalami susah senang dalam menjalani hari-hari menimba ilmu di sekolah dan hal itu berakhir ketika acara perpisahan tiba.

Meskipun begitu, perpisahan dengan teman-teman juga merupakan sebuah awal untuk kehidupan yang baru, yaitu kehidupan di Sekolah Menengah Pertama yang tentu akan menemukan keseruan lain dan bertemu dengan teman-teman baru.

Terkait acara perpisahan, maka akan ada beberapa orang siswa-siswi yang akan memberikan pidato saat acara perpisahan tentang kesan selama menimba ilmu di sekolah. Berkaitan dengan hal tersebut, penulis akan membagikan beberapa contoh pidato perpisahan yang bisa dijadikan referensi.

Tips Sukses Berpidato di Depan Umum

Sebelum lanjut ke contoh pidato, ada baiknya anda memahami membaca terlebih dahulu tips singkat sukses berpidato di depan umum berikut ini.

1. Amati public figur ketika berpidato

Cara untuk menjadi yang terbaik adalah belajar dari ahlinya. Begitupun dengan berpidato, lihatlah bagaimana orang-orang sukses berbicara di depan umum. Perhatikanlah para pejabat atau pun pengusaha ketika sedang berpidato. Bisa anda tiru cara mereka, namun tetap menggunakan gaya sendiri.

2. Berlatih di depan cermin

Ketika sudah mendapatkan tokoh yang akan ditiru, maka sekarang saatnya berlatih. Salah satu cara yang efektif untuk berlatih bicara di depan umum adalah dengan berbicara di depan cermin. Dengan begitu, maka anda bisa mengoreksi langsung apa yang kurang dari cara pidato yang anda lakukan.

3. Jangan berbicara terlalu cepat

Ketika seseorang berbicara terlalu cepat, maka kemungkinan salah pengucapan kata akan semakin besar. Oleh karena itu, bicaralah secara perlahan namun dengan intonasi yang jelas.

4. Santai saja

Jangan terlalu khawatir tentang pidato yang akan dilakukan. Merasa terlalu khawatir justru akan membuat keadaan semakin tidak bersahabat. Santa saja, karena orang sukses berkata, ketakutan kita hanya ilusi. Jadi apapun yang anda takutkan itu hanya ilusi belaka dan peluang terjadinya sangat kecil.

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 SD


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

Yang saya hormati Ibu kepala sekolah, Ibu Bapak Guru dan segenap jajaran staf tata usaha, tidak lupa kepada teman-teman yang saya cintai dan saya banggakan.

Puji serta syukur kita panjatkan kehadirat Allah Subhanahu wa ta’ala atas berkat rahmatnya kita dapat berkumpul di hari yang berbahagia ini dalam keadaan sehat walafiat.

Pertama-tama saya ingin mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk berbicara sepatah duapatah kata.

Sedikit flashback, enam tahun lalu kita sama-sama datang ke sekolah ini untuk pertama kalinya tanpa saling mengenal satu sama lain, namun dengan satu tujuan yang sama yaitu untuk menimba ilmu.

Tidak terasa enam tahun sudah masa-masa indah itu kita lewati bersama baik suka atau pun duka, dan tepat pada hari ini kita telah selesai menjalankan misi kita untuk menimba ilmu di sekolah yang kita cintai ini. Berat rasanya harus berpisah dengan sekolah ini, guru-guru dan teman-teman sekalian, namun bagaimana pun juga hidup harus terus berjalan, masa depan sedang menanti kita untuk menjemputnya.

Banyak pelajaran yang telah kita ambil selama enam tahun menimba ilmu di sekolah pelita harapan ini, baik pelajaran formal atau pun informal yang telah banyak memberikan makna dalam kehidupan yang kita lalui selama ini.

Pelajaran formal bukan semata-mata tentang teori, tetapi jauh dari itu telah menjadikan kita sebagai manusia yang memiliki wawasan dan kaya akan pengetahuan. Karena pada dasarnya dunia bisa jadi seperti sekarang ini berkat jasa orang-orang yang memiliki pengetahuan dan membagikannya dengan senang hati, yaitu tidak lain adalah guru-guru kita.

Guru “Digugu dan ditiru” begitulah orang bijak berkata, dan memang benar adanya. Yang dengan kesabaran hatinya telah bersedia mendidik kita dari mulai tidak bisa membaca sampai pintar membaca, dari mulai tidak bisa berhitung sampai pintar berhitung, dari mulai kami tidak memiliki pengetahuan sampai kaya kaya akan pengetahuan dan atas jasa-jasa lainnya yang mungkin tidak akan pernah habis jika disebutkan satu-persatu.

Semoga kita menjadi orang yang tidak akan pernah lupa terhadap jasa guru-guru yang telah mendidik kita selama selama 6 tahun di sekolah pelita harapan ini.

Pada akhirnya perpisahan ini sudah ada di depan mata namun, orang bijak mengatakan “Teman baik tidak pernah mengatakan selamat tinggal. Mereka hanya mengatakan “Sampai Jumpa”.

Sampai jumpa teman-teman, semoga kita bertemu lagi dalam keadaan sukses.

Akhir kata, mohon maaf bila ada kesalahan kata. Wabillahi Taufiq wal Hidayah. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Pidato perpisahan kelas 6 sd pada dasarnya berbeda-beda, tegantung dari topik apa yang akan dibahas ketika sedang berpidato. Namun, apapun topiknya haruslah relevan dengan perpisahan itu sendiri beberapa diantaranya adalah mengenai kesan-kesan ketika menimba ilmu di sekolah, ucapan terimakasih kepada guru dan teman-teman, membahas tentang masa depan, dan masih banyak topik lainnya yang bisa dibahas.

Penulis telah memberikan contoh pidato perpisahan kelas 6 SD yang secara garis besar adalah mengenai ucapan terima kasih kepada guru berkat jasa-jasanya. Jika ingin menggunakan pidato tersebut ketika acara perpisahan silahkan saja. Pada dasarnya pidato tersebut hanyalah contoh saja dan masih bisa dikembangkan dan ditambahkan dengan topik-topik lainnya.

Image : manager,bg
Disqus
Komentar via Disqus