Contoh Proposal Usaha Terbaru Lengkap

Contoh Proposal Usaha Terbaru Lengkap

Contoh proposal bisnis
Proposal usaha merupakan suatu hal yang penting dibuat ketika akan membuka usaha baru. Proposal usaha dapat dijadikan suatu gambaran bagaimana usaha kita akan dibangun. Dengan membuat sebuah proposal maka segala aspek dari usaha yang akan kita bangun telah jelas dan tersusun.

Dengan demikian jika kita ingin mengajukan suatu permodalan, kerja sama, perizinan atau pun yang lainnya, maka kita cukup memberikan proposal yang telah kita buat dan orang lain akan mengerti bagaimana usaha kita akan dibangun. Berikut ini kami memberikan contoh proposal usaha yang mungkin bisa anda jadikan referensi.

Contoh Proposal Usaha Lengkap


BAG. I
EXECUTIVE SUMMARY

A. Data Perusahaan

Nama : ZN SPORT
Bidang Usaha : Perlengkapan Olahraga
Jenis Produk : Sepatu Futsal & Sepak Bola
Alamat : Sindang Sari Rt.04 Rw.01 No.01 Kab. Bandung
Nomor Telepon : 089671179017
Email : Kontak@ZNWEB.COM

B. Biodata Pemilik dan Pengurus

Nama : Nasri Alfath
No. Telp : 089652358665
Alamat : Bojongloa, Bandung, Jawa - Barat
Jabatan : Pemilik

Nama : Andi Permana
No. Telp : 089657848665
Alamat : Lembang, Bandung Barat, Jawa - Barat
Jabatan :Admin

Nama : Anas Nasri
No. Telp : 089624558665
Alamat : Antapani, Bandung, Jawa - Barat
Jabatan : Marketing

C. Sekilas Tentang Perusahaan dan Produk Yang Dijual

ZN SPORT merupakan perusahaan yang belum lama didirikan dan pada saat ini perusahaan berada pada masa perkembangan dan kami yakin dengan segala kemampuan yang dimiliki oleh tim diiringi dengan inovasi yang selalu kami lakukan maka kami yakin perusahaan akan bertumbuh dengan pesat.

ZN SPORT pada saat ini masih menjual sepatu bola dan futsal secara online, namun seiring dengan kemajuan perusahaan dalam beberapa waktu ke depan maka kami akan memperbanyak koleksi produk olahraga yang akan kami jual. Produk yang kami jual tidak kami produksi sendiri, tetapi kami bekerja sama dengan pihak ketiga seperti home industri dan aparel olahraga untuk memasok produk kepada kami, selain itu kami juga mengimpor produk dari luar negeri untuk kami jual, meskipun menggunakan jasa pihak ketiga dalam pengadaan produk, tetapi kami sangat selektif dalam urusan kualitas produk.

Kami tidak akan menerima produk dari pihak ketiga jika produk tersebut memiliki kualitas dibawah standar, hal tersebut kami lakukan tidak lain karena tidak ingin membuat konsumen kami kecewa karena mendapatkan produk dengan kualitas rendah, perusahaan kami pun memiliki prinsip “pelanggan puas, kami pun senang”, prinsip tersebut adalah acuan agar kami selalu meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan.

D. Pasar Produk

Pada saat ini olahraga sepak bola dan juga futsal sedang hangat-hangatnya dan banyak sekali orang yang menyukai olahraga tersebut, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa sangat tergila-gila dengan olahraga tersebut, itulah yang menjadi dasar mengapa kami menekuni bidang ini dan kami yakin kedua olahraga tersebut akan eksis dalam jangka waktu yang lama. Kami memiliki target pasar yang cukup luas mulai dari, anak Smp, Sma, Mahasiswa hingga pekerja kantoran pun menjadi target, kami meyakini bisnis dibidang ini akan berkembang pesat dalam waktu yang singkat.

E. Strategi Pasar

1. Mengutamakan kualitas produk
2. Memberikan harga yang terjangkau untuk semua kalangan
3. Memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi
4. Membentuk tim marketing terbaik

F. Pengalaman Manajemen

Berhubung kami adalah sekumpulan mahasiswa yang baru memulai bisnis maka dari itu kami masih minim dengan pengalaman tentang berbisnis, meskipun demikian kami adalah sekumpulan anak muda yang memiliki semangat tinggi untuk mensukseskan bisnis yang kami dirikan, kami juga akan merekrut ahli marketing untuk membantu memasarkan produk yang kami jual.

G. Estimasi Anggaran

Kebutuhan anggaran pada awal kami memulai usaha diperkirakan kurang lebih sekitar Rp. 60.000.000. Berikut adalah rincian dari anggaran tersebut.

1. Alokasi : Sepatu
Harga/Satuan : Rp. 150.000,-
Jumlah : 200
Total : Rp. 30.000.000,-

2. Alokasi : Komputer
Harga/Satuan : Rp. 5.000.000,-
Jumlah : 3
Total : Rp. 15.000.000,-

3. Alokasi : Tempat
Harga/Satuan : Rp. 8.000.000,-
Jumlah : 1
Total : Rp. 8.000.000,-
   
3. Alokasi : Promosi
Harga/Satuan : Rp. 10.000.000,-
Jumlah : 1
Total : Rp. 10.000.000,-

Total Keseluruhan : Rp. 63.000.000,-

BAG. II
VISI DAN MISI PERUSAHAAN

A. Visi dan Misi

Untuk mewujudkan ZN SPORT sebagai toko online terbaik maka kami menetapkan visi dan misi yang jelas sehingga cita-cita kami bisa tercapai.

Visi

Menjadi toko online alat-alat olahraga terbaik yang ada di indonesia dengan pelayanan terbaik dan harga yang kompetitif.

Misi

-  Selalu memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan
-  Memberikan produk dengan kualitas terbaik
-  Memberikan harga yang bersahabat pada pelanggan
-  Memberikan harga promo pada waktu-waktu tertentu

B. Profil Perusahaan

ZN Sport adalah toko online yang menjual alat-alat olahraga, tetapi pada saat ini kami masih mengkhususkan penjualan kami pada sepatu futsal dan sepak bola, namun setelah toko online kami berjalan lancar kami akan menambah koleksi produk kami dengan menjual perlengkapan olahraga lainnya.

Saat ini kami masih mengontrak dan lokasinya berada di Sindang Sari Rt.04 Rw.01 No.01 Kab. Bandung, namun seiring berkembangnya toko online kami dalam beberapa waktu ke depan maka kami pun akan memindahkan lokasi kami ke tempat yang lebih besar.

C. Nilai-nilai prinsip yang dianut oleh perusahaan

Untuk menjalankan toko online yang kami dirikan berjalan dengan lancar maka kami menerapkan beberapa nilai prinsip. Berikut adalah nilai-nilai prinsip yang kami terapkan.

1. Nilai kejujuran. Kami percaya jika kejujuran merupakan kunci dari keberhasilan,maka dari itu kami menerapkan nilai kejujuran sebagai nilai prinsip utama yang kami anut.

2. Nilai kedisiplinan. Dengan menerapkan nilai kedisiplinan maka kami berharap karyawan bisa menjalankan tugasnya sebaik mungkin.

D. Keunggulan Kompetitif

Keunggulan yang kami miliki adalah kami selalu menjual produk terbaik pada konsumen, selain itu kami pun memberikan harga yang terjangkau pada konsumen. Dengan keunggulan tersebut kami yakin toko online yang kami dirikan bisa berkembang dalam waktu yang singkat.

BAG. III
PROFIL BISNIS DAN INDUSTRI

A. Analisis Industri

1. Latar Belakang dan Tinjauan Industri

ZN Sport merupakan toko online yang menjual perlengkapan olahraga dengan 6 karyawan. Seperti yang kita tahu pada saat ini tren hidup sehat sedang berkembang di masyarakat dan salah satu cara untuk menjalani hidup sehat adalah dengan berolahraga dan untuk berolahraga tentu memerlukan peralatan yang dapat menunjang aktivitas olahraga tersebut, dari hal tersebutlah kami memilih bidang ini untuk kami jalankan karena kami yakin bisnis di bidang olahraga tidak akan ada matinya.

Meskipun pada saat ini telah banyak pihak yang telah memasuki bisnis ini tetapi kami yakin dengan keunggulan dan keunikan yang kami miliki, kami mampu bersaing dengan yang lain untuk menarik minat banyak konsumen.

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi berkembang atau tidaknya usaha ini adalah sebagai berikut :

a. Banyaknya kompetitor di bidang usaha yang sama karena usaha ini relatif mudah dijalankan.

b. Inovasi merupakan hal yang sangat mempengaruhi karena inovasi bisa membantu menciptakan perbedaan dari kompetitor yang menjalankan usaha di bidang ini.

c. Promosi merupakan hal yang perlu diperhatikan mengingat bisnis ini merupakan bisnis yang memiliki banyak pesaing.

d. Pelayanan merupakan faktor terpenting untuk membangun pelanggan setia, oleh karena itu kami akan senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen yang membeli produk kami.

2. Tren

Pada saat ini tren olahraga sedang berkembang di kalangan masyarakat karena memang gaya hidup sehat yang semakin diminati oleh masyarakat, seiring dengan adanya tren tersebut maka perkembangan di industri alat olahraga pun semakin meningkat, atas dasar tersebutlah kami pun ingin menekuni bisnis dibidang alat olahraga, karena kami yakin dengan seiring berjalannya waktu, bisnis dibidang alat olahraga ini akan semakin maju dan kami pun tidak ingin melewatkan kesempatan itu.

3. Tingkat Pertumbuhan

Perkembangan penjualan tergantung dari pertumbuhan industri sedangkan pertumbuhan industri adalah proyeksi dari perkembangan pasar.Tingkat pertumbuhan pasar merupakan proyeksi dari tingkat pertumbuhan penjualan untuk pasar yang dilayani oleh suatu bisnis. Biasanya diilustrikan dalam matrik pertumbuhan pangsa pasar yaitu bintang (strar) melambangkan bisnis-bisnis yang berada dalam pasar yang tumbuh pesat dengan pangsa pasar  yang besar, Sapi perah (cashcow) bisnis yang memiliki pangsa pasar besar atau industry dengan tingkat pertumbuhan rendah, anjing (dog) bisnis dengan pertumbuhan dan pangsa pasar rendah, tanda Tanya ( question mark ) bisnis yang tingkat pertumbuhannya tinggi sehingga memiliki daya tarik yang besar namun pangsa pasarnya rendah sehingga membuat potensi laba menjadi tidak pasti.

Dalam hal ini kami yakin pertumbuhan dalam industri olahraga akan semakin meningkat tajam dari waktu ke waktu yaitu di mulai dari Question Mark dan mencapai Star.

Untuk memperoleh tingkat pertumbuhan pasar seperti itu, cara yang dilakukan oleh ZN Sport dapat bertahan terhadap pesaingnya yaitu dengan menggunakan kemajuan teknologi pada saat ini yaitu dengan memanfaatkan media internet dalam pemasaran dan promosi yang akan kami lakukan agar pertumbuhan yang kami inginkan dapat tercapai secara maksimal.

4. Faktor Kunci Kesuksesan Dalam Persaingan

a. Memiliki visi dan tujuan yang jelas. Hal ini berfungsi untuk menebak ke mana langkah dan arah yang dituju sehingga dapat diketahui langkah yang harus dilakukan oleh pengusaha tersebut

b. Inisiatif dan selalu proaktif. Ini merupakan ciri mendasar di mana pengusaha tidak hanya menunggu sesuatu terjadi, tetapi terlebih dahulu memulai dan mencari peluang sebagai pelopor dalam berbagai kegiatan.

c. Berorientasi pada prestasi. Pengusaha yang sukses selalu mengejar prestasi yang lebih baik daripada prestasi sebelumnya. Mutu produk, pelayanan yang diberikan, kualitas produk yang baik serta kepuasan pelanggan menjadi perhatian utama. Setiap waktu segala aktifitas usaha yang dijalankan selalu dievaluasi dan harus lebih baik dibanding sebelumnya.

d. Berani mengambil risiko. Hal ini merupakan sifat yang harus dimiliki seorang pengusaha kapanpun dan dimanapun, baik dalam bentuk uang maupun waktu.

e. Kerja keras. Jam kerja pengusaha tidak terbatas pada waktu, di mana ada peluang di situ dia datang. Kadang-kadang seorang pengusaha sulit untuk mengatur waktu kerjanya. Benaknya selalu memikirkan kemajuan usahanya. Ide-ide baru selalu mendorongnya untuk bekerja kerjas merealisasikannya. Tidak ada kata sulit dan tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan.

f. Bertanggungjawab terhadap segala aktifitas yang dijalankannya. baik sekarang maupun yang akan datang. Tanggungjawab seorang pengusaha tidak hanya pada segi material, tetapi juga moral kepada berbagai pihak.

g. Komitmen pada berbagai pihak merupakan ciri yang harus dipegang teguh dan harus ditepati. Komitmen untuk melakukan sesuatu memang merupakan kewajiban untuk segera ditepati dana direalisasikan.

h. Mengembangkan dan memelihara hubungan baik dengan berbagai pihak baik yang berhubungan langsung dengan usaha yang dijalankan maupun tidak. Hubungan baik yang perlu dlijalankan, antara lain kepada : para pelanggan, pemasok, serta masyarakat luas.

B. Pandangan untuk Tahap Pertumbuhan

Industri olahraga ke depannya akan semakin meningkat hal ini mengingat tren untuk melakukan aktivitas olahraga juga semakin tumbuh dari waktu ke waktu dan hal ini berdampak langsung pada permintaan peralatan olahraga yang semakin tinggi dan hal itu berarti para pelaku bisnis di bidang ini juga akan semakin tumbuh.

Selain itu kami pun sebagai pelaku di bisnis ini akan mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan, meskipun demikian kami tidak akan berdiam diri begitu saja, kami akan senantiasa melakukan inovasi sesuai dengan perkembangan yang terjadi.

C. Sasaran dan Tujuan Perusahaan

Sararan yang ingin dicapai oleh ZN Sport adalah ingin menjadi toko online peralatan olahraga terbaik yang hanya menjual produk-produk terbaik dengan harga terjangkau. Kami pun memiliki beberapa tujuan dalam membangun toko ZN Sport ini, tujuan tersebut antara lainantara lain:
  • Memberikan pelayanan dengan kualitas produk yang baik
  • Menjalin rasa solidaritas antar karyawan dan membudidayakan keramah tamahan.
  • Membangun komunitas pelanggan setia
1. Rencana Operasional

a. Komponen penting yang harus diperhatikan pada tahapan operasional adalah
  • Investasi yang terdiri dari beberapa komponen utama seperti komputer, jaringan internet, meja kursi dan biaya marketing.
  • Biaya operasi bulanan yang meliputi gaji bagian marketing dan packing.
b. Survey ke lapangan untuk melihat potensi pasar. Beberapa patokan sederhana yang perlu diperhatikan adalah:
  • Melihat berapa banyak orang yang melakukan olahraga saat Car Free Day dan komunitas Futsal yang ada.
  • Melakukan survey tentang tren yang terjadi pada saat ini.
c. Analisis karyawan : Menguasai bidang pemasaran, dan komunikasi.

d. Untuk mendukung jalannya operasi pasar adalah
  • Marketing/ penetrasi pasar. Baik itu melalui mulut, maupun menggunakan media online (Internet Marketing)
2. Rencana Keuangan

Modal awal yang diperlukan adalah sebesar Rp 60.000.000 berasal dari patungan pendiri ZN Sport. Modal ini akan digunakan untuk pembelian alat operasional dan pembelian produk dari agen dan importir. Selain itu, sisa modal juga akan digunakan untuk biaya hosting, domain, internet marketing.

BAG. IV
STRATEGI BISNIS

A. Citra dan Posisi yang Diinginkan Dalam Pasar

ZN Sport sebagai toko online peralatan olahraga memerlukan citra yang positif agar bisa menarik perhatian konsumen agar mau membeli produk-produk yang kami jual, agar terciptanya citra tersebut maka kami hanya akan menjual produk-produk dengan kualitas terbaik sehingga konsumen benar-benar mendapatkan produk yang diinginkannya. Selain itu kami pun akan gencar melakukan promosi melalui internet agar toko online kami semakin dikenal oleh kalangan pengguna internet, kami pun akan selalu memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen sehingga mereka akan datang kembali untuk membeli produk kami yang kesekian kalinya.

B. Analisa SWOT

1. Kekuatan (Strenght)

Kekuatan yang dimiliki oleh ZN Sport adalah kami menjual produk olahraga dimana produk tersebut banyak permintaan dari konsumen karena memang saat ini sedang terjadi tren peningkatan untuk berolahraga, selain itu kami memiliki produk yang berkualitas dimana produk yang berkualitas akan selalu digemari oleh konsumen.

Dari sisi pelayanan kami tidak segan memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen sehingga mereka merasa nyaman membeli produk yang kami jual, dan kami berharap konsumen tersebut akan merekomendasikan toko online kami kepada rekan-rekannya sehingga terjadi sistem pemasaran dari mulut ke mulut.

2. Kelemahan (Weakness)

Banyaknya produk olahraga yang palsu memungkinkan kami untuk menjual produk tersebut, sehingga kami harus senantiasa teliti dan mengecek keaslian dari produk yang kami jual sehingga tidak mengecewakan konsumen.

3. Peluang (Opportunities)

Dengan meningkatnya tren olagraga di masyarakat maka akan berimbas pada permintaan peralatan olahraga yang semakin tinggi, dan hal itulah yang menjadi kesempatan kami pada saat ini. Kami meyakini Esa Sport akan berkembang dengan cukup cepat dan menjadi toko online peralatan olahraga terbaik.

4. Ancaman (Threats)

Semakin tingginya permintaan akan peralatan olahraga maka pada saat itu juga akan banyak toko-toko baru yang bermunculan dan akan menjadi pesaing kami dalam menjalankan bisnis ini, maka dari itu kami dituntut senantiasa berinovasi sehingga kami tidak terbenam dikalahkan toko lain yang memberikan pelayanan lebih baik.

C. Strategi Kompetitif

Strategi yang digunakan oleh ZN Sport untuk memenangkan pasar yaitu dengan mengutamakan kualitas produk. Kami hanya akan menjual produk terbaik karena kami yakin dengan menjual produk terbaik maka akan banyak konsumen yang mencari kami, selain dari memberikan produk terbaik kami pun akan menggunkan strategi harga untuk memenangkan hati konsumen. Harga yang akan kami tawarkan semaksimal mungkin akan kami tekan, sehingga bisa dijangkau oleh semua kalangan dan dampaknya kami pun akan menjual banyak produk.

BAG. V
PRODUK DAN JASA PERUSAHAAN

A. Deskripsi

ZN Sport merupakan toko online yang menjual peralatan olahraga namun pada saat ini kami masih mengkhususkan penjualan pada sepatu futsal dan sepak bola karena keterbatasan biaya, tetapi seiring bertumbuhnya tingkat penjualan toko online yang kami dirikan maka kami pun akan menambah koleksi produk dari toko online kami.

Pada saat ini kami hanya melayani penjualan lewat perantara media internet, karena kami yakin dengan memanfaatkan media internet maka konsumen kami tidak terbatas, itu artinya kami akan melayani konsumen dari seluruh penjuru indonesia, meskipun demikian bukan berarti kami tidak akan membuka toko offline kami, seiring dengan pertumbuhan pada toko online yang kami dirikan maka kemungkinan besar kami akan membuka toko offline kami untuk memperkuat brand yang kami bangun.

a. Ciri-ciri Produk

Ciri-ciri produk yang kami jual di toko online ZN Sport
  • Hanya menjual produk terbaik
  • Terdapat label ZN Sport di setiap produk yang dijual
b. Manfaat untuk Pelanggan

Kami berharap apa yang kami jual di toko online ZN Sport bisa bermanfaat bagi konsumen dan sesuai dengan apa yang mereka harapkan, selain itu kami pun berharap apa yang kami jual bisa menunjang aktivitas olahraga dari konsumen yang membeli produk dari toko online kami.

c. Jaminan

Jaminan yang diberikan ZN Sport kepada pelanggan adalah komitmen yang akan kami lakukan, jika terdapat kecacatan dari produk kami yang telah sampai ke tangan konsumen maka kami akan segera mengganti produk tersebut dengan menanggung semua biaya pengiriman.

d. Keunikan

ZN Sport hanya menjual produk dengan kualitas terbaik.

B. Perlindungan Paten atau Merek Dagang

Berhubung kami hanya menjual produk dari distributor, maka kami tidak memiliki perlindungan paten ataupun merek dagang.

C. Uraian Mengenai Proses Produksi

Secara operasional kami hanya menjual produk olahraga, oleh karena itu kami tidak terlibat secara produksi.

D. Penawaran Produk di Masa yang Akan Datang

Kami meyakini di masa yang akan datang akan semakin banyak orang yang peduli dengan kesehatannya dan menjalankan gaya hidup sehat, dan salah satu cara untuk menjalankan gaya hidup sehat adalah dengan berolahraga, maka dari itu tidak mengherankan jika permintaan akan peralatan olahraga pun akan semakin meningkat, tetapi meskipun demikian bukan berarti produk peralatan olahraga yang kami jual bisa laris begitu saja dikalangan konsumen, salah satu caranya yaitu dengan memberikan penawaran kepada konsumen sepreti mengutamakan kualitas produk dan harga yang bersahabat sehingga konsumen merasa puas dengan pelayanan yn kami berikan sehingga mereka tidak segan untuk membeli kembali produk kami di lain waktu.

BAG. VI
STRATEGI PEMASARAN

A. Target Pasar

Ujung tombak usaha yang kami jalankan tidak lain adalah konsumen, konsumen bisa dibilang sebagai penggerak dari usaha yang kami jalankan, tanpa konsumen mustahil usaha yang kami jalankan ini bisa bertahan. Target pasar dari usaha yang kami ini adalah orang-orang yang sering melakukan aktivitas olahraga, selain itu masyarakat umum pun menjadi target pasar dari usaha yang kami lakukan.

1. Profil dan Demografis Lengkap

Masyarakat umum yang sering melakukan aktivitas olahraga menjadi target pasar kami yang secara umum berusia antara 17 tahun ke atas, mereka umumnya melakukan aktivitas olahraga lebih rutin dan membutuhkan peralatan tambahan untuk menunjang aktivitas olahraga yang mereka lakukan.

2. Karakteristik Lain Pelanggan yang Penting

Pelanggan lain yang menjadi target pasar kami adalah masyarakat umum bahkan masyarakat yang tidak melakukan aktivitas olahraga, mereka mungkin akan membutuhkan peralatan untuk diberikan pada orang terdekatnya sebagai hadiah atau pun yang lainnya.

B. Motivasi Pelanggan untuk Membeli

Dalam hal motivasi pelanggan mungkin memiliki motivasi yang berbeda antara pelanggan yang satu dengan yang lainnya, namun ada hal yang secara umum  menjadi motivasi pelanggan untuk membeli produk dari Esa Sport, motivasi tersebut tidak lain adalah untuk menunjang aktivitas olahraga yang akan mereka lakukan, dalam hal ini para pembeli mungkin ingin menjalani gaya hidup sehat atau pun sebagai hobi. Selain dari motivasi yang dimiliki konsumen untuk membeli produk dari toko online kami, kami pun memiliki beberapa strategi agar konsumen tidak segan membeli produk dari toko online kami.

Strategi tersebut antara lain.
  1. Mendesain website kami agar memudahkan  konsumen
  2. Memberikan pelayanan yang ramah pada konsumen
  3. Memberikan diskon pada pelanggan setia
  4. Memberikan potongan harga pada waktu-waktu tertentu
C. Ukuran dan Tren Pasar

Untuk ukuran pasar kami membidik semua kalangan yang gemar melakukan aktivitas olahraga, kami tidak mengkotak-kotakan konsumen dan itu sesuai dengan apa yang kami yakini bahwa produk terbaik adalah produk yang bisa digunakan oleh semua kalangan, oleh karena itu kami berharap semua kalangan bisa menggunakan produk yang kami jual.

D. Periklanan dan Promosi

a. Media yang digunakan untuk periklanan dan promosi antara lain sbb :
  • Google Adwords
  • Facebook Ads
  • Beriklan di akun instagram yang memiliki jumlah followers banyak
  • Beriklan di akun twitter yang memiliki jumlah followers banyak
  • Beriklan di Blog yang memiliki jumlah visitor tinggi
b. Biaya Media

Biaya media untuk keseluruhan diperkirakan sekitar Rp. 10.000.000, yaitu untuk biaya hosting + domain sebesar Rp. 2.500.000,- dan biya promosi Rp. 7.500.000,-.

c. Frekuensi Penggunaan

Periklanan dan promosi yang kami lakukan bertujuan agar lebih banyak orang yang mengetahui keberadaan toko online yang kami dirikan, sehingga dengan banyaknya orang yang mengetahui tentang keberadaan toko online yang kami dirikan maka semakin banyak juga orang yang akan membeli produk dari toko online kami, dengan begitu potensi meningkatnya pendapatan pun akan segera kami capai dan toko online yang kami dirikan pun cepat atau lambat akan berkembang seiring dengan meningkatnya pendapatan.

d. Rencana untuk Membuat Publikasi

Publikasi tentang suatu produk atau perusahaan merupakan aspek terpenting dalam membangun sebuah brand yang akan tertanam di benak masyarakat, maka dari itu kami tidak akan melewatkan aspek yang satu ini.

Karena pada dasarnya toko yang kami dirikan merupakan toko online maka rencana publikasi yang akan kami lakukan pun hanya akan menggunakan media internet, karena kami yakin penyebaran melalui internet akan jauh lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan cara konvensional.

Adapun rencana publikasi yang akan kami lakukan adalah sebagai berikut :
  • Memaksimalkan peran facebook dalam hal promosi
  • Memaksimalkan peran twitter dalam hal promosi
  • Memaksimalkan peran instagram dalam hal promosi
  • Kami akan memberikan potongan harga kepada konsumen jika mereka berkenan membagikan link website toko online kami di facebook yang mereka miliki
E. Penetapan Harga

Penetapan harga merupakan aspek utama dalam menjual suatu produk, menetapkan harga juga bertujuan untuk menentukan antara modal yang digunakan ketika membeli produk dari distributor dengan keuntungan yang akan didapatkan setelah harga jual yang ditetapkan pada konsumen. Penetapan harga yang kami terapkan pun disesuaikan sehingga bisa menjangkau semua lapisan masyarakat.

1. Strukturk biaya

a. Harga tetap, yaitu harga standar yang diberikan kepada konsumen
b. Harga tidak tetap, yaitu harga yang telah dipangkas ketika diberlakukan harga promo dan diskon.

2. Citra yang diinginkan dalam pasar

ZN Sport merupakan toko online yang menjual perlengkapan olahraga, kami berharap toko online yang kami dirikan bisa dijadikan rujukan oleh kosumen ketika ingin membeli produk olahraga, selain itu kami ingin toko online yang kami dirikan dikenal sebagai toko online yang selalu menjual barang dengan kualitas terbaik.

3. Perbandingan dengan harga-harga pesaing

Harga yang kami berikan pada konsumen semaksimal mungkin kami tekan sehingga bisa memiliki harga dibawah rata-rata dari harga yang ditetapkan oleh para pesaing, sehingga produk kami bisa dijangkau oleh semua kalangan.

F. Strategi Distribusi

Distribusi barang merupakan bagian dari kegiatan usaha yang  merupakan kesempatan bagi perusahaan untuk menjual produk semaksimal mungkin. Strategi merupakan bagian dari strategi marketing setiap perusahaan dalam memasarkan produk. Bagaimanapun juga strategi distribusi merupakan bagian penting karena tanpa penjualan yang bagus maka suatu perusahaan tidak akan bisa bertahan dan  sumber penghasilan perusahaan adalah hasil penjualan produk. Itu sebabnya perlu ada strategi distribusi dalam bisnis yang tepat sehingga strategi distribusi yang tepat akan memberikan keuntungan yang signifikan untuk perusahaan.

Strategi distribusi untuk produk baru harus dan wajib hukumnya dibedakan dengan strategi distribusi produk mapan atau produk yang sudah lama dikenal konsumen.

1. Saluran Distribusi

Saluran distribusi yang akan dilakukan oleh ZN Sport yaitu dengan menjual produk secara langsung kepada konsumen dengan memanfaatkan jasa pengiriman untuk mengirimkan barang, karena kami merupakan toko online yang menjual produk secara satuan.

2. Teknik dan Insentif Penjualan

Fungsi utama dari insentif adalah untuk memberikan tanggungjawab dan dorongan kepada karyawan. Insentif menjamin bahwa karyawan akan mengarahkan usahanya untuk mencapai tujuan organisasi. Sedangkan tujuan utama pemberian insentif adalah untuk meningkatkan produktivitas kerja individu maupun kelompok.

Teknik  insentif yang dilakukan oleh ZN Sport adalah memberikan bonus kepada karyawan yang mencapai target baik untuk bagian bagian marketing.

BAG. VII
LOKASI DAN TATA LETAK

A. Lokasi

1. Analisis demografis antara lokasi dengan profil pelanggan sasaran

Kami merupakan toko perlengkapan olahraga yang menjual produk secara online, maka dari itu peluang bagi kami untuk menjangkau semua konsumen bahkan bahkan dari penjuru timur pun terbuka lebar untuk membeli produk dari kami.

2. Jumlah lalu lintas

Pengunjung yang akan membeli produk kami harus mengunjungi website kami untuk memilih dan membeli produk.

a. Tingkat sewa

Pada saat ini ZN Sport masih mengontrak rumah sebagai tempat penyimpanan produk dan packing, namun seiring dengan perkembangan toko online yang kami dirikan maka tidak menutup kemungkinan akan mengontrak rumah dengan ukuran yang lebih besar.

b. Kebutuhan dan pasokan tenaga kerja

ZN Sport memiliki 6 karyawan yang bertugas sebagai admin, packing, marketing dan pengawas.

c. Tingkat upah

Kami memberikan upah sesuai dengan UMK yang ditetapkan oleh pemerintah daerah tersebut, dan tidak menutup kemungkinan upah akan dinaikan seiring dengan kemajuan Esa Sport, prestasi karyawan dan juga upah lembur.

B. Tata Letak

1. Persyaratan ukuran

Rumah yang digunakan ZN Sport sebagai Home Base terdiri dari tiga ruangan, dan fungsi tiga ruangan tersebut yaitu sebagai ruang penyimpanan sekaligus packing, ruang admin, dan ruang untuk pemiliki yang disatukan denga ruang marketing.

2. Izin mendirikan bangunan dan amdal

Kami tidak mendirikan bangunan baru sehingga tidak memerlukan izin mendirikan bangunan, kami pun tidak memproduksi produk jadi tidak menghasilkan limbah dari produk yang kami jual.

3. Masalah ergonomi

Kami mendesain rumah yang kami kontrak senyaman mungkin sehingga para karyawan merasa seperti berada di rumah sendiri, kami pun memberikan jam istirahat yang cukup sehingga karyawan tidak merasa jenuh saat bekerja.

4. Rencana tata letak

Tata letak lokasi dari usaha yang kami dirikan berada di Sindang Sari Rt.04 Rw.01 No.01 Kab. Bandung.

BAG. VIII
ANALISIS PESAING

A. Pesaing Yang Ada

1. Pesaing ZN Sport

Ketika akan membuka toko online peralatan olahraga pertama-tama kami melakukan survey secara online dan ternyata kami mendapatkan bahwa terdapat banyak pesaing yang bermain di bisnis yang sama, berikut adalah perbandingan antara Esa Sport dengan toko online pesaing. Skala nilai yang digunakan yaitu antara 1-10.

contoh proposal usaha lengkap
Secara keseluruhan Esa Sport unggul dari para pesaingnya, hal tersebut membuat kami yakin bisa merebut pasar dan menggambil hati konsumen untuk membeli produk di toko online kami.

B. Calon Pesaing

Kami belum mengidentifikasi adanya pesaing yang akan mengganggu kami di bisnis yang kami jalankan.

BAG. IX
URAIAN TIM MANAJEMEN

A. Manajemen dan Karyawan Kunci

1. Pemilik dari toko online ZN Sport adalah Nasri Alfath yang merupakan kunci dari berdirinya ZN Sport karena merupakan seratus persen pemilik modal dan penggagas berdirinya ZSport.

2. Tim Marketing adalah salah satu kunci berkembangkangnya ZN Sport karena secara langsung tim marketing bertanggungjawab penuh terhadap banyak dan tidaknya konsumen yang membeli produk di toko online Esa Sport.

B. Daftar Riwayat Hidup Dari Karyawan Kunci

Untuk daftar riwayat hidup karyawan merupakan rahasia dari perusahaan maka kami tidak akan mengumbar hal tersebut.

BAG X
RENCANA OPERASI

A. Bentuk Kepemilikan

Pada saat ini bentuk kepemilikan ZN Sport masih dalam bentuk perorangan dan belum memiliki badan hukum yang sah, namun tidak menutup kemungkinan dalam beberapa waktu kedepan akan memiliki badan hukum yang sah seiring dengan bertumbuhnya perusahaan.

B. Struktur Organisasi Toko Online ZN Sport


BAB XI
PERKIRAAN KEUANGAN

A. Laporan Keuangan

Sebelum dilakukan perhitungan laporan keuangan maka perlu diadakan perhitungan-perhitungan biaya investasi awal, hasil penjualan atau pendapatan, dan biaya bahan baku.

1) Biaya investasi awal

Pra operasi       
Sewa Tempat    : Rp. 8.000.000,-
Komputer : Rp. 15.000.000,-
Produk : Rp. 30.000.000,-
Biaya media : Rp. 10.000.000,-
Jumlah kebutuhan dana : Rp. 63.000.000,-

B. PROPOSAL PINJAMAN ATAU INVESTASI

a. Jumlah yang diajukan

Dana yang digunakan murni dari uang pemilik toko, namun kami memahami bahwa tambahan modal akan membuat usaha yang kami jalankan berkembang lebih besar. Oleh karena itu kami membuka pintu yang sebesar-besarnya bagi para investor untuk berinvestasi di bisnis kami.

Baca Juga : Contoh Surat Resign yang Baik dan Sopan

Itulah contoh proposal usaha yang sebisa mungkin penulis buat dengan selengkap-lengkapnya. Pada dasarnya masih banyak poin-poin yang bisa ditambahkan atau pun dikurangi dari proposal tersebut. Hal itu tergantung kepada usaha apa yang akan dijalankan. Semoga contoh proposal usaha yang penulis buat bisa dijadikan referensi oleh anda ketika akan membuat proposal.
Disqus
Komentar via Disqus