Jumlah Pemain Sepak Bola dan Peraturannya (Ulasan Lengkap)

Jumlah Pemain Sepak Bola dan Peraturannya (Ulasan Lengkap)

Jumlah pemain sepak bola dan peraturannya
Permainan Sepak Bola merupakan cabang olahraga yang paling digemari di seluruh dunia. Industri sepak bola sangat berkembang pesat dan perputaran uang di industri sepak bola membuat kita mengerutkan dahi, hal itu tidak lain karena memang jumlahnya yang sangat mencengangkan.

Di Indonesia sendiri permainan sepak bola sangat digemari oleh setiap kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa semuanya menyukai olahraga ini. Sepak bola bukan hanya sekedar olahraga, tetapi merupakan permainan yang mengasyikan dan membuat setiap elemen yang terkait menjunjung tinggi sportifitas.

Seperti halnya cabang olahraga lain, di dalam sepak bola juga terdapat banyak sekali aturan yang dari waktu ke waktunya selalu mengalami perubahan dan FIFA selaku induk sepak bola dunia selalu melakukan inovasi terkait perkembangan sepak bola. Salah satu aturan yang paling dasar adalah terkait jumlah pemain sepak bola, lalu berapa sih jumlah pemain yang harus ada di lapangan dalam setiap pertandingan ? Yuk simak pembahasannya berikut ini.

Jumlah Pemain Sepak Bola dan Peraturannya


1. Jumlah Pemain Sepak Bola

Pertandingan harus dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing tim terdiri dari 11 orang termasuk kiper. Jika di dalam sebuah permainan sebuah tim tidak dapat menghadirkan setidaknya 7 orang pemain di lapangan, maka pertandingan akan dibatalkan.

2. Lapang

Permainan sepak bola dapat dimainkan di atas rumput asli atau pun buatan, yang terpenting adalah rumput tersebut harus berwarna hijau. Bidang lapang harus berbentuk persegi panjang, dan ditandai jelas menggunakan garis berwarna putih. Area permainan dibagi menjadi dua bagian, dipisahkan oleh garis tengah, yang membentang dari titik tengah masing-masing touchline.

Di titik tengah adalah titik pusat yang ditandai dengan lingkaran yang memotong antara dua bagian area permainan. Saat kick off permainan akan dimulai para pemain belum boleh untuk memasuki area permainan lawan.

Panjang minimal sebuah lapangan sepak bola adalah 90 meter dan maksimal 120 meter. Sedangkan lebarnya minimal 45 meter dan maksimal 90 meter.

3. Pergantian Pemain

Berdasarkan peraturan resmi yang diterbitkan oleh FIFA pergantian pemain dibatasi maksimal tiga pergantian setiap pertandingan. Hal ini tidak berlaku ketika pertandingan persahabatan.

Pergantian pemain dilakukan tepat di garis tengah lapangan, dan pemain pengganti baru bisa memasuki lapang ketika pemain yang akan diganti telah benar-benar meninggalkan area permainan.

4. Perlengkapan Pemain

Setiap pemain harus menggunakan jersey, celana pendek, skin guard, kaos kaki dan cleat. Khusus untuk kaos kaki harus menutupi seluruh bagian tulang kering. Ketika wasit menganggap perlengkapan pemain tidak sesuai maka wasit berhak untuk menegur dan meminta pemain yang bersangkutan melengkapinya.

5. Wasit

Wasit adalah otoritas di lapangan yang bertugas sebagai pengadil ketika permainan sedang berlangsung. Setiap keputusan wasit merupakan ketetapan mutlak dan tidak dapat diganggu gugat oleh siapapun.

6. Asisten Wasit

Asisten wasit bertugas untuk membantu pekerjaan wasit utama dalam pengambilan keputusan. Tugas umum seorang asisten wasit antara lain memberi tanda ketika bola keluar, ketika pemain dilanggar, atau ketika pemain dalam posisi offiside.

7. Durasi Permainan

Permainan sepak bola terdiri dari dua babak, yang setiap babaknya selama 45 menit, dengan tambahan waktu yang ditentukan oleh kebijaksanaan wasit.

8. Memulai Game

Kick off pada sepak bola diawali dengan lemparan koin yang dilakukan oleh wasit, dan setiap kapten tim dari kedua tim memilih bagian koin yang mana. Kapten tim yang menang akan diberikan pilihan untuk memilih bola (kick off pertama) atau area permainan yang diinginkan.

9. Metode Gol

Suatu gol akan dianggap sah jika semua bagian bola telah melewati garis gawang. Tim yang dengan gol terbanyak akan menjadi pemenang.

10. Pelanggaran Dalam Sepak Bola

Tendangan bebas akan diberikan jika :
  • Menendang atau mencoba menendang lawan
  • Menjegal lawan
  • Melompati lawan
  • Menyerang lawan
  • Mendorong lawan
  • Menahan lawan
  • Meludah ke lawan
  • Tangan menyentuh bola
  • Jika pelanggaran dilakukan di area kotak pinalti, maka tim lawan akan diberikan tendangan pinalti
Kartu kuning akan diberikan kepada pemain jika :
  • Perilaku tidak menguntungkan kepada tim lawan
  • Pelanggaran yang dilakukan terus-menerus
  • Tidak mengindahkan himbawan wasit terhadap jarak yang ditentukan ketika tim lawan akan melakukan tendangan bebas
  • Memasuki kembali area permainan tanpa seizin wasit. (seorang pemain dapat keluar area permainan ketika mengalami cedera dan tidak boleh kembali lagi ke area permainan tanpa seizin wasit)
  • Sengaja meninggalkan area permainan tanpa seizin wasit
Kartu merah akan diberikan kepada pemain jika :
  • Perilaku kasar
  • Meludah ke lawan
  • Menjegal lawan ketika memiliki peluang mencetak gol yang besar
  • Mengeluarkan kata kasar dan menyinggung (Rasis)
  • Menerima kartu kuning kedua
11. Tendangan Bebas

Tendangan bebas terbagi menjadi dua, langsung dan tidak langsung. Tendangan langsung yaitu tendangan yang jaraknya dekat dengan gawang dan bola dapat langsung diarahkan ke dalam gawang. Sedangkan tendangan bebas tidak langsung yaitu yang jaraknya cukup jauh, dan bola harus diumpan terlebih dahulu agar bisa masuk ke dalam gawang.

12. Tendangan Pinalti

Yaitu tendangan yang dilakukan di dalam area pinalti. Tendangan pinalti diberikan ketika tim lawan melakukan pelanggaran di area kotak pinalti.

Tendangan pinalti dilakukan di titik putih. Ketika tendangan pinalti dilakukan maka semua pemain harus berada di area luar kotak pinalti, kecuali pemain yang mengeksekusi tendangan dan kiper yang timnya mendapatkan hukuman pinalti.

13. Throw In (Lempara Ke Dalam)

Lemparan ke dalam dilakukan ketika bola keluar dari garis area permainan. Ketika tim menyebabkan bola ke luar area permainan, maka tim lawan berhak untuk melakukan lemparan ke dalam.

Lemparan ke dalam dilakukan dengan cara memegang bola dengan kedua tangan dan melemparnya dengan kedua kaki tetap dalam keadaan menginjak tanah.

Jika keadaan tersebut tidak dipenuhi, maka bola akan diberikan kepada tim lawan. Pemain tidak diizinkan untuk mencetak skor langsung dari lemparan ke dalam.

14. Tendangan Gawang (Goal Kick)

Kiper / pemain melakukan tendangan gawang di area kotak pinalti, ketika bola keluar oleh tim lawan dengan mengarah ke bagian belakang gawang.

15. Tendangan Sudut

Tendangan sudut diberika kepada tim ofensif jika tim defensif menyebabkan bola keluar batas area garis gawangnya.

Itulah penjelasan singkat mengenai jumlah pemain dalam sepak bola dan aturan-aturan yang berlaku di dalam permainan sepak bolah.
Disqus
Komentar via Disqus