Pengertian Berita, Unsur-Unsur Berita, dan Manfaatnya

Pengertian Berita, Unsur-Unsur Berita, dan Manfaatnya

pengertian berita
Berita merupakan sesuatu yang sangat penting dan dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Berita akan membantu masyarakat mengakses informasi tentang berbagai hal yang telah terjadi mengenai banyak hal, baik di dalam negeri atau pun luar negeri. Lebih jauh tentang berita, silahkan simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian Berita


Pengertian berita secara umum adalah suatu informasi tentang kejadian terkini, baik kejadian yang sudah lewat atau pun kejadian yang masih berlangsung.

Berita disebarkan melalui banyak platform dan media seperti : dari mulut ke mulut, media cetak, penyiaran, televisi, internet dan yang lainnya.

Banyak topik informasi yang ada di dalam sebuah berita, beberapa diantaranya yaitu berita militer, pemerintahan, politik, pendidikan, kesehatan, lingkungan, ekonomi, bisnis, mode, hiburan, olahraga, dan peristiwa lainnya.

Secara naluri manusia selalu ingin tahu tentang suatu informasi terbaru dan gemar untuk berbagi informasi kepada orang lain. Pada saat ini hal tersebut telah ditunjang dengan kemajuan teknologi sehingga perkembangan dan penyebaran suatu informasi terjadi lebih cepat.

Unsur-Unsur Berita


Sebuah berita yang bukan hanya sekedar informasi yang disebarkan kepada masyarakat, oleh karena itu suatu berita resmi yang akan dirilis harus dapat dipertanggungjawabkan tentang kebenarannya, aktual serta bersifat informatif. Berikut ini unsur-unsur 5W + 1H yang harus ada di dalam sebuah berita.
  • What. Suatu berita harus berisi tentang “apa” kejadian terkini yang sudah terjadi.
  • Who. “Siapa” saja subjek yang terlibat di dalam informasi yang diberitakan.
  • Why. Penjelasan mengenai alasan “kenapa” dan hal yang mendasari suatu kejadian yang diberitakan dapat terjadi.
  • When. “Kapan” kejadian yang diberitakan tersebut terjadi.
  • Where. “Dimana” peristiwa yang diberitakan tersebut berlangsung.
  • How. “Bagaimana” peristiwa yang ada di berita terjadi.
Manfaat Berita

1. Menambah wawasan

Informasi yang disajikan di dalam sebuah berita memiliki banyak ragam dan berbagai bidang, oleh karena itu suatu berita yang berisi informasi yang bermanfaat akan menambah wawasan dan pengetahuan bagi orang yang menerima informasi tersebut.

2. Mendapatkan informasi baru

Selain menambah wawasan, berita juga akan membuat orang yang menerima berita mengetahui informasi tentang berbagai peristiwa yang telah terjadi baik di dalam negeri atau pun luar negeri.

3. Untuk dijadikan bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan

Informasi yang disajikan di dalam sebuah berita tentu akan bersifat informatif dan bermanfaat untuk orang-orang tertentu. Seperti tentang berita macet atau banjir di suatu daerah, maka orang yang menerima informasi tersebut akan menghindari daerah yang macet atau banjir tersebut.

4. Meningkatkan kewaspadaan

Tidak jarang berita menyajikan informasi yang kurang mengenakan. Namun, tentu akan ada hikmah di balik peristiwa yang disajikan di dalam sebuah berita, yaitu akan membuat orang yang menerima informasi lebih meningkatkan kewaspadaan terkait hal-hal yang mungkin terjadi, seperti kejadian yang disajikan di dalam berita tersebut.

Baca juga: Pengertian Invasi

Itulah sekilas mengenai pengertian berita, unsur-unsur berita dan manfaat berita. Tidak bisa dipungkir bahwa kebutuhan akan informasi pada saat ini sudah tidak diragukan lagi.

Informasi akan membuat masyarakat memiliki pengetahuan tentang banyak hal, namun pada saat ini banyak berita bohong tersebar, khususnya di internet, oleh karena itu penting bagi kita untuk tidak menelan mentah-mentah informasi yang kita dapatkan. Perlu dilakukan pengecekan tentang informasi yang kita dapatkan.

image: ktnv,com
Disqus
Komentar via Disqus