Pengertian Magnet, Sifat Magnet dan Cara Membuatnya

Pengertian Magnet, Sifat Magnet dan Cara Membuatnya

pengertian magnet, sifat magnet dan cara membuat magnet
Magnet merupakan benda yang tidak asing bagi banyak orang, karena memang magnet cukup mudah ditemukan di sekitar kita. Namun sebenarnya magnet itu apa dan bagaimana cara membuatnya serta terbuat dari bahan apa. Yuk simak pembahasan terkait pengertian magnet, sifat magnet dan cara membuat magnet berikut ini.

Pengertian Magnet


Pengertian magnet adalah suatu benda atau objek yang memiliki daya tarik terhadap benda lain yang memiliki kandungan serupa atau pun terhadap besi dan logam, daya tarik yang dihasilkan oleh magnet disebut “medan magnet”.

Dikutip dari Wikipedia, Kata magnet berasal dari bahasa Yunani “magnitis lithos” yang berarti batu dari magnesian. Magnesia adalah suatu wilayah yang ada di Yunani pada masa lalu yang pada saat ini bernama Manisa (sekarang berada di wilayah Turki) di mana terkandung batu magnet yang ditemukan pada zaman dulu di wilayah tersebut.

Pada saat ini magnet adalah suatu materi yang memiliki medan magnet. Materi tersebut dapat berwujud sebagai magnet tetap atau magnet tidak tetap. Magnet yang ada sekarang ini mayoritas adalah magnet buatan.

Magnet selalu memiliki dua kutub yaitu: kutub utara (north/U) dan kutub selatan (south/S). Meskipun suatu magnet dipotong-potong menjadi bagian-bagian kecil, namun tetap saja magnet tersebut akan memiliki dua kutub.

Penemuan dan Pengembangan Magnet

Orang-orang kuno belajar tentang magnetisme dari batu-batu kecil yang mereka temukan yang pada dasarnya merupakan bijih besi yang memiliki muatan magnetis alami. Kompas magnetik pertama diketahui berasal dari lodestone.

Deskripsi paling awal yang diketahui memuat tentang magnet dan hal-hal terkait berasal dari Yunani, India, dan China sekitar 2500 tahun yang lalu. Pada abad 12-13 Masehi, kompas magnetik digunakan dalam navigasi di Cina, Eropa, Jazirah Arab dan tempat lainnya.

Sifat-sifat Magnet

  • Dapat menarik benda yang bermuatan logam atau besi
  • Mempunyai dua kutub Utara (N) dan Selatan (S)
  • Kutub magnet yang sama akan saling tolak-menolak jika didekatkan
  • Kutub magnet yang berbeda akan saling tarik-menarik jika didekatkan
  • Gaya tarik menarik magnet akan tetap ada meskipun terdapat pembatas (tergantung dari pembatas yang digunakan)
  • Kutub magnet akan selalu menghadap ke utara dan selatan ketika keadaan bebas
  • Sifat-sifat magnet dapat hilang dengan dibakar dan dibanting

Cara Membuat Magnet


Terdapat magnet yang telah terbentuk secara alami atau pun sengaja dibuat untuk menghasilkan magnet itu sendiri. Bahan yang biasa digunakan untuk membuat magnet adalah besi atau baja.

Besi cenderung lebih mudah untuk dijadikan magnet, namun sifat kemagnetan pada besi lebih mudah hilang jika dibandingkan dengan baja. Oleh karenanya besi lebih sering digunakan untuk elektromagnet. Berikut adalah beberapa cara untuk membuat magnet.
  • Digosok menggunakan magnet lain secara searah
  • Dengan induksi magnet
  • Magnet diletakan pada solenoida, lalu dialiri arus listrik searah (DC).
Penggunaan Magnet di Kehidupan Sehari-hari

Kartu kredit dan debit. Kartu-kartu tersebut memiliki strip magnetik di satu sisi. Strip tersebut mengkodekan informasi untuk menghubungkan lembaga keuangan agar terhubung ke akun pribadi.

Televisi tabung dan layar komputer tabung. Layar Tv dan monitor tabung berisi tabung sinar katoda yang menggunakan elektromagnet untuk mengarahkan elektron ke layar.

Speaker dan mikrofon. Kebanyakan speaker menggunakan magnet permanen dan koil pembawa arus untuk mengubah energi listrik (sinyal) menjadi energi mekanik (gerakan yang menciptakan suara).

Baca juga: Pengertian VPN dan Manfaatnya

Kompas. Kompas merupakan penunjuk arah yang memanfaatkan magnet untuk menjalankannya. Medan magnet pada kompas akan selalu menunjukan arah utara poros bumi.

Kedokteran. Rumah sakit menggunakan pencitraan resonansi magnetik untuk menemukan masalah pada organ pasien.

Motor listrik dan generator. Beberapa motor listrik bergantung pada elektromagnet dan magnet permanen, cara kerjanya hampir sama seperti pada speaker, yaitu mengubah energi listrik menjadi energi mekanik.  Sedangkan generator adalah kebalikannya, ia merubah energi mekanik menjadi energi listrik dengan menggerakan konduktor melalui medan magnet.

Dari penjelasan di atas sudah dapat kita simpulkan bahwa magnet sangat bermanfaat dalam kehidupan manusia. Penggunaan magnet dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya masih banyak, contoh yang telah disebutkan hanya sebagai gambaran saja.

Sekian uraian seputar pengertian magnet dan cara membuatnya. Penjelasan yang telah diuraikan di atas dapat membuka wawasan kita bahwa keberadaan magnet sangat berpengaruh terutama bagi produk elektronik yang sering kita gunakan sehari-hari, tanpa adanya magnet maka peralatan elektronik mungkin tidak akan pernah ada ..

Image: wtamu.edu
Disqus
Komentar via Disqus