Pengertian Negosiasi, Contoh, Ciri-ciri, dan Tujuan

Pengertian Negosiasi, Contoh, Ciri-ciri, dan Tujuan

pengertian negosiasi
Negosiasi merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat, terlebih lagi bagi orang-orang yang rutin melakukan transaksi jual beli. Pastilah dalam proses transaksi tersebut dilakukan negosiasi untuk memperoleh harga terbaik dan menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Pada prakteknya negosiasi bukan hanya terkait jual beli saja, namun luas di berbagai aspek. Sesuatu yang memerlukan kesepakatan antara dua orang atau lebih akan membutuhkan negosiasi. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai apa itu negosiasi.

Pengertian Negosiasi Secara Umum


Pengertian negosiasi secara umum adalah merundingkan suatu hal yang bertentangan antara dua pihak atau pun lebih, dengan tujuan untuk mencapai kesepakatan bersama. Sederhananya negosiasi adalah suatu metode yang digunakan untuk menyelesaikan perbedaan.

Berdasarkan kamus oxford pengertian negosiasi adalah sebuah cara untuk mencapai kesepakatan melalui proses diskusi formal.

Negosiasi perlu dilakukan agar suatu perjanjian atau pun kesepakatan dapat dicapai dengan mempertimbangkan kedua belah pihak sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan dengan kesepakatan yang telah dilakukan.

Contoh Negosiasi Dalam Kehidupan Sehari-hari


Dalam kehidupan sehari-hari sering kita jumpai suatu proses negosiasi yang mana hal ini dilakukan ketika kedua belah pihak atau lebih belum memiliki pandangan yang sama tentang suatu hal sehingga pada akhirnya negosiasi perlu dilakukan untuk mencapai kesepakatan bersama, berikut ini adalah contoh negosiasi yang sering ditemui di sekitar kita.

1. Negosiasi jual beli

Jual beli merupakan kegiatan yang lumrah dan sering dilakukan oleh banyak orang setiap harinya, namun tidak jarang harga yang ditawarkan penjual tidak dianggap rasional oleh pembeli. Pada akhirnya dilakukan suatu proses negosiasi tentang harga barang agar didapatkan harga yang cocok bagi pembeli dan penjual.

2. Negosiasi dalam diskusi

Bagi seorang pelajar atau pun mahasiswa melakukan diskusi di dalam ruang kelas merupakan kegiatan yang sering dilakukan. Di dalam diskusi biasanya terbagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok akan membahas suatu materi tertentu.

Ketika suatu kelompok membahas materi tentu akan terjadi perbedaan pendapat antara satu dengan yang lainnya, disinilah negosiasi akan dilakukan baik secara sadar atau pun tidak. Anggota kelompok akan berusaha menyatukan pandangan terkait materi yang mereka bahas.

3. Negosiasi kelompok yang bertikai

Kelompok yang bertikai biasanya terjadi akibat kelompok satu tidak terima dengan tindakan yang dilakukan oleh kelompok lainnya yang pada akhirnya memicu suatu pertikaian dan tidak jarang berakhir dengan kekerasan.

Untuk menyelesaikan masalah maka akan dipertemukan antara kedua kelompok yang bertikai dan akan ada fasilitator yang akan menjadi penengah dalam menyelesaikan persoalan. Dalam hal menyelesaikan perkara maka dilakukan negosiasi untuk mencapai kesepakatan damai antara kedua belah pihak.

4. Negosiasi gaji

Seseorang yang akan bekerja di suatu perusahaan akan melalui beberapa tahapan sesuai dengan prosedur perusahaan yang berlaku hingga pada akhirnya diterima di perusahaan yang diinginkan.

Salah satu prosedur umum yang harus dilalui oleh pelamar adalah interview dan dalam proses tersebut akan ada yang namanya negosiasi berapa jumlah gaji yang akan diterima oleh pelamar setiap bulannya.

Dalam negosiasi ini akan mentukan besaran gaji yang akan didapatkan seorang karyawan bila diterima di perusahaan yang ia lamar.

Baca juga: Pengertian Surat

Ciri-ciri Negosiasi
  • Menghasilkan kesepakatan yang dapat diterima kedua belah pihak atau lebih
  • Mengutamakan dan memprioritaskan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi
  • Suatu langkah untuk menyelesaikan mencapai kesepakatan
  • Berorientasi pada maksud dan tujuan praktis
Tujuan Negosiasi

Berikut adalah beberapa tujuan dilakukannya negosiasi :
  • Menyamakan pendapat, persepsi dan pandangan yang berbeda diantara dua pihak atau lebih
  • Mencapai kesepakatan yang dapat diterima kedua pihak atau lebih tanpa ada yang merasa dirugikan
  • Mencapai tujuan bersama antara pihak-pihak terkait
Itulah sekilas mengenai pengertian negosiasi, contoh negosiasi dan beberapa hal yang terkait dengan negosiasi. Semoga dapat menambah wawasan kita semua ..

Image: richcommercialrealty,com
Disqus
Komentar via Disqus