Syarat Perpanjang STNK di Samsat Terbaru Tahunan / 5 Tahun

Syarat Perpanjang STNK di Samsat Terbaru Tahunan / 5 Tahun

syarat perpanjang stnk
Membayar pajak kendaraan bermotor atau lebih dikenal dengan memperpanjang stnk merupakan sebuah kewajiban bagi setiap pemilik kendaraan. Membayar pajak kendaraan penting demi kemajuan Indonesia khususnya di sektor infrastruktur dan sektor lainnya.

Membayar pajak kendaraan terbagi menjadi pajak tahunan dan pajak lima tahunan. Khusus untuk pajak lima tahunan kendaraan akan mendapatkan plat nomor baru. Terlambat membayar pajak kendaraan akan membuat biaya tagihan membengkak karenan denda, bahkan lebih parah stnk kendaraan kita bisa dinonaktifkan.

Membayar pajak kendaraan bisa melalui samsat keliling yang menggunakan mobil atau pun datang langsung ke kantor samsat. Beberapa samsat telah melayani sistem online, yaitu pemilik kendaraan bisa membayar pajak di kantor samsat tertentu tanpa harus sesuai dengan domisili di KTP. Bagi anda yang ingin membayar pajak kendaraan berikut adalah persyaratan yang harus dipenuhi.

Syarat Perpanjang STNK di Samsat

  • STNK asli & Fotocopy
  • KTP asli & Fotocopy (KTP pemilik kendaraan)
  • Fotocopy BPKB
  • Cek fisik kendaraan untuk perpanjangan 5 tahun
  • Untuk samsat di kota besar biasanya hanya memerlukan STNK asli dan KTP asli pemilik kendaraan. (Berdasarkan pengalaman penulis saat membayar pajak di kantor samsat)

Cara Memperpanjang STNK di Samsat


Setelah mengetahui persyaratan apa saja yang dibutuhkan, maka selanjutnya anda harus mengetahui bagaimana cara memperpanjang stnk di samsat, jangan sampai anda kebingungan ketika sampai di samsat. Berikut ini adalah langkah-langkah perpanjang stnk di samsat.
  1. Datangi kantor samsat terdekat
  2. Ambil nomor antrian yang berjumlah dua rangkap yang ada di pintu masuk samsat. Satu untuk anda pegang, dan satu lagi untuk diberikan pada pihak administrasi.
  3. Datangi loket administrasi dan serahkan dokumen persyaratan + nomor antrian.
  4. Tunggulah panggilan di “Ruang Tunggu” yang disediakan.
  5. Jika nomor antrian yang anda pegang disebutkan, maka datangilah loket pembayaran.
  6. Kasir akan memberikan keterangan jumlah yang harus dibayar.
  7. Setelah anda membayar, kasir akan print stnk anda yang baru, tunggulah beberapa saat dan stnk yang telah diperpanjang pun tercetak.
  8. Itulah proses yang harus dilewati ketika memperpanjang stnk di samsat.
Note : Setiap samsat memiliki prosedur yang berbeda-beda, namun untuk samsat yang ada di kota-kota besar proses perpanjangan sangat mudah sekali. Sedangkan untuk samsat yang berada di kota setingkat kabupaten, prosesnya memang agak lebih ribet dibanding kota-kota besar, itu merupakan pendapat subjektif penulis berdasarkan pengalaman yang telah dialami.

Kabar baiknya adalah setiap tahun pelayanan stnk di samsat khususnya perpanjangan stnk selalu mengalami perkembangan ke arah yang lebih baik. Khusus untuk samsat di kota besar, pelayanannya memang sudah sangat baik dengan prosedur yang sederhana dan proses yang cepat pula.

image : dream,co,id
Disqus
Komentar via Disqus