Tugas Administrasi dan Pengertian Administrasi (Deskripsi Kerja)

Tugas Administrasi dan Pengertian Administrasi (Deskripsi Kerja)

tugas administrasi
Secara umum administrasi merupkan suatu hal atau pun kegiatan yang erat dengan catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan, agenda, dan beberapa hal lainnya yang masih terkait yang aktivitasnya berada di dalam suatu organisasi atau pun perusahaan.

Sedangkan dalam arti luas pengertian administrasi yaitu seluruh bentuk kerja sama antara dua orang atau pun lebih dengan memanfaatkan sarana dan prasarana dengan berdaya guna dan menghasilkan guna.

Tugas Administrasi di Dalam Sebuah Perusahaan


Seorang administrasi atau lebih dikenal dengan sebutan admin di dalam sebuah perusahaan sangat penting keberadaannya, karena seorang admin memiliki tugas-tugas yang cukup berdampak bagi sebuah perusahaan, lalu apa saja tugasnya ? Silahkan simak uraian terkait tugas administrasi secara umum di dalam sebuah oraganisasi atau perusahaan berikut ini.

1. Input, Update dan Olah Data

Penginputan data pada suatu peruahaan biasanya dilakukan oleh bagian administrasi, selain penginputan data, administrasi juga mengupdate data yang ada serta mengolahnya jika diperlukan.

2. Membuat Agenda Kantor

Di sebuah perusahaan terdapat aktivitas yang biasa dilakukan dan yang akan dilakukan. Membuat perencanaan terkait agenda kantor menjadi tanggung jawab bagian administrasi.

3. Menjawab Panggilan Telepon

Pada suatu perusahaan terdapat banyak sekali panggilan telepon yang berisi berbagai kepentingan, mulai dari penawaran, kontrak kerja sama, kesepakatan dan hal lainnya. Panggilan ini akan dijawab oleh bagian administrasi dan akan meneruskannya kepada pihak lain jika diperlukan.

4. Membuat Laporan

Bagian administrasi akan membuat sebuah laporan sangat diperlukan bagi suatu perusahaan. Laporan dapat menunjukan terkait perkembangan atau pun hasil yang telah dicapai oleh perusahaan. Dengan adanya laporan maka perusahaan dapat mengevaluasi terkait kekurangan yang ada dan memperbaikinya.

5. Menyusun Anggaran

Anggaran di dalam sebuah organisasi perlu disusun sedemikian rupa agar tidak terjadi defisit neraca keuangan dan supaya anggaran yang ada dapat digunakan se-efektif mungkin untuk hal-hal yang diperlukan. Tugas menyusun anggaran ini dilakukan oleh bagian administrasi.

6. Melakukan Kordinasi

Tidak dapat dipungkiri bahwa kordinasi perlu dilakukan di dalam sebuah organisasi. Kordinasi akan membuat segala kegiatan yang ada di dalam sebuah organisasi berjalan dengan semestinya. Administrasi akan melakukan kordinasi sebaik mungkin agar tujuan suatu organisasi dapat tercapai sesuai dengan apa yang diharapkan.

7. Memberikan Arahan

Ini tidak jauh berbeda dengan poin sebelumnya, tetapi hal ini lebih spesifik. Administrasi akan memberikan arahan atau pun bimbingan kepada anggota organisasi dalam bentuk saran, perintah, atau pun tugas agar dapat dilaksanakan dengan semestinya dan sesuai dengan harapan yang diinginkan.

Baca Juga : Pengertian Negosiasi

Itulah sekilas mengenai apa saja tugas administrasi di dalam sebuah organisasi atau pun perusahaan. Sejatinya tugas administrasi dapat berbeda dari organisasi satu dengan yang lainnya, namun demikian secara garis besar tugas mereka akan memiliki kesamaan. Administrasi adalah salah satu komponen utama di dalam sebuah organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Image : city-facility,rs
Disqus
Komentar via Disqus