Tugas Wartawan (Sosok Penting dibalik Tersajinya Sebuah Berita)

Tugas Wartawan (Sosok Penting dibalik Tersajinya Sebuah Berita)

Tugas wartawan
Wartawan atau jurnalis memiliki peran penting di dalam penyebaran berita di masyarakat. Seorang wartawan melakukan kegiatan jurnalistik atau mencari berita di berbagai daerah yang kemudian akan membuat berita tersebut dimuat di berbagai media massa. Berita yang telah dilaporkan tersebut selanjutnya akan diterbitkan di koran, televisi, radio, majalah atau pun di media online.

Seorang wartawan harus dapat mempertanggungjawabkan setiap berita yang mereka laporkan, selain itu setiap berita yang diterbitkan haruslah bersifat objektif dengan tidak memihak pihak tertentu atau menyudutkan pihak lainnya. Lalu apa saja tugas seorang wartawan ? Berikut pembahasannya.

Tugas Wartawan


1. Mencari Informasi

Tugas utama seorang wartawan tidak lain adalah mencari informasi tentang apa saja peristiwa yang terjadi baik di dalam atau pun di luar negeri. Seorang wartawan akan pergi ke tempat kejadian, kejahatan, kawasan konflik atau pun kecelakaan.

Tidak hanya itu, wartawan juga dapat meliput terkait perkembangan atau pun masalah pemerintahan dan meliput acara olahraga.

2. Melakukan Wawancara

Ketika telah sampai di lokasi tempat kejadian, wartawan akan mencari seseorang untuk dijadikan narasumber yang dapat memberikan wawasan tentang masalah yang terjadi dan mewawancarai narasumber tersebut yang kemudian informasinya akan diangkat ke dalam sebuah berita.

3. Investigasi

Seorang wartawan atau tim wartawan terkadang ditugaskan untuk menyelidiki suatu permasalahan yang sedang hangat terjadi dan menjadi perhatian publik seperti dugaan korupsi dan sebagainya.

4. Mengolah Informasi

Setelah mendapatkan informasi maka tidak serta merta disebarkan begitu saja. Informasi yang didapatkan perlu diolah terlebih dahulu agar berita yang diterbitkan tidak menyalahi aturan dan mudah dipahami oleh masyarakat.

5. Menyebarkan Informasi

Setelah diolah maka selanjutnya informasi yang ada akan diterbitkan di media massa di tempat wartawan itu bekerja.

Prinsip Seorang Wartawan

1. Jujur

Memiliki sikap jujur penting di setiap profesi yang dijalankan tidak terkecuali bagi seorang wartawan. Kejujuran penting dimiliki oleh setiap wartawan dan terkait informasi yang akan disebarkan ke masyarakat. Mengolah informasi sesuai dengan keadaan sebenarnya di lokasi menjadi prinsip utama bagi seorang wartawan.

2. Akurat

Keakuratan suatu informasi terhadap kejadian yang sesungguhnya di lapangan sangat diperlukan. Hal ini tidak lain agar masyarakat mendapatkan informasi yang sebenar-benarnya dan memperoleh manfaat dari informasi tersebut. Selain itu, keakuratan informasi diperlukan agar tidak disangka menyebarkan hoaks atau pun kebohongan.

3. Obyektif

Setiap informasi yang diperoleh kemudian diterbitkan haruslah seobjektif mungkin, dengan kata lain informasi yang disajikan harus netral tanpa condong ke pihak tertentu dan menyudutkan pihak lainnya.

4. Berpihak Kepada Kepentingan Umum

Hal ini berkaitan dengan poin sebelumnya. Seorang wartawan harus senantiasa memihak kepentingan umum dari pada memihak golongan atau kelompok tertentu. Sehingga informasi yang disebarkan tidak memicu masalah baru nantinya.

5. Akuntabel

Informasi yang disebarkan harus dapat dipertanggungjawabkan dengan sesuai kejadian yang sesungguhnya dan tidak meyalahi aturan.

Baca Juga : Tugas Administrasi

Berdasarkan pemaparan yang telah dijelaskan bahwa tugas wartawan sangat penting dalam penyebaran informasi di masyarakat, tidak jarang seorang wartawan harus mempertaruhkan nyawa untuk mendapatkan kebenaran suatu informasi di suatu wilayah seperti kawasan konflik, peperangan atau pun kawasan bencana.

Image : ozy,com
Disqus
Komentar via Disqus