Apa Itu Introvert ? Pengertian dan Penjelasannya

Apa Itu Introvert ? Pengertian dan Penjelasannya

apa itu introvert
Kepribadian manusia pada dasarnya berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Salah satunya adalah seseorang dengan kepribadian introvert. Seorang introvert sering kali diidentikan dengan orang yang tidak terlalu suka bergaul dan lebih senang dengan ketenangan. Lalu bagaimana sebenarnya kepribadian introvert itu ? Berikut adalah penjelasan terkait apa itu introvert.

Apa Itu Introvert ?


Secara umum introvert merupakan suatu kepribadian yang dimiliki oleh seseorang di mana orang tersebut cenderung menutup diri dengan dunia luar. Orang dengan kepribadian introvert akan merasa kurang nyaman jika melakukan pertemuan dengan banyak orang dan keterlibatan sosial.

Seorang introvert akan lebih senang jika melakukan pekerjaan secara sendirian atau berinteraksi secara 1 (one) on 1 (one). Artinya mereka masih memiliki ketertarikan untuk berinteraksi namun dalam skala yang kecil.

Setiap kepribadian tentu memiliki kelebihannya masing-masing tak terkecuali dengan orang introvert. Mereka akan memikirkan terlebih dahulu sebelum berkata atau pun berargumen, seorang pendengar yang baik, bersikap analitis dan memiliki tingkat fokus yang cukup tinggi.

Introvert akan lebih menyukai kegiatan yang tidak melibatkan banyak orang seperti, membaca, menulis, bermain game, hiking atau pun memancing.

Banyak yang beranggapan bahwa seorang yang introvert merupakan orang yang kaku dan sulit untuk sukses. Pandangan sebagai orang yang kaku mungkin ada benarnya tetapi anggapan sulit untuk sukses merupakan suatu kekeliruan karena pada kenyataannya banyak tokoh dunia seperti, seniman, penulis, ilmuan, insinyur dan penemu banyak yang dari kalangan introvert.

Introvert adalah orang yang pemalu ?


Intorvert adalah kepribadian yang dimiliki oleh seseorang, sedangkan pemalu merupakan refleksi dari rendahnya tingkat percaya diri yang dimiliki oleh seseorang. Merupakan sesuatu yang keliru jika menganggap orang yang introvert merupakan orang yang pemalu karena hal itu tidak ada korelasinya sama sekali.

Pada kenyataannya orang yang introvert menyendiri karena mereka menyukai keadaan tersebut dan bukan karena rasa malu.

Pada dasarnya orang yang introvert bukanlah anti sosial apalagi diidentikan dengan orang yang pemalu atau memiliki kepercayaan diri yang rendah, sama sekali bukan! Orang introvert akan berinteraksi dengan orang lain jika memang hal itu diperlukan.

Apa Introvert Bisa Sukses ?


Pada dasarnya apapun kepribadian yang dimiliki oleh seseorang tidak berpengaruh pada kesuksesan, karena yang terpenting adalah ketekunan dan kerja keras dari orang tersebut. Terkait dengan orang yang introvert memang banyak yang salah memahami tentang kepribadian tersebut dengan anggapan yang negatif.

Baca Juga : Apa Itu Posesif ?

Tetapi jika berbicara tentang kesuksesan telah banyak sekali orang-orang dengan kepribadian introvert yang menjadi orang-orang sukses seperti, JK Rowling, Isaac Newton, Albert Einstein, Steven Spielberg, Larry Page dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Kepribadian yang introvert bukanlah sesuatu yang buruk apalagi beranggapan mereka tidak akan sukses tentu hal tersebut merupakan anggapan yang keliru, karena telah banyak orang-orang dengan kepribadian introvert yang menjadi orang yang sangat sukses.

Demikian penjelasan terkait apa itu introvert. Semoga bermanfaat ..

Image : youtube,com
Disqus
Komentar via Disqus