Apa Itu Legalisir ? Pengertian dan Penjelasannya

Dokumen yang telah dilegalisir sering kali menjadi salah satu persyaratan ketika akan mendaftar cpns atau pun mengurus administrasi yang berhubungan dengan pemerintahan. Dokumen yang telah dilegalisir menunjukan keaslian dari dokumen yang kita miliki.

Dengan dilegalisir maka dokumen teresbut telah diverifikasi oleh pihak tertentu. Lalu apa itu legalisir ? Berikut ini adalah penjelasannya.

Apa Itu Legalisir ?


Legalisir Ijazah, Transkrip Nilai atau dokumen lainnya merupakan suatu proses untuk menempelkan cap stempel dan tanda tangan asli diatas cap stempel tersebut oleh pihak berwenang yang dilakukan pada lembar fotocopy. Dengan kata lain, legalisir merupakan lembar fotocopy dari Ijazah atau Transkrip Nilai yang telah diberikan cap stempel dan tanda tangan diatasnya.

Jika anda ingin melegalisir ijazah SMA atau pun sederajat dapat melakukan legalisir di sekolahnya masing-masing. Meskipun begitu, jika persyaratan meminta untuk legalisir ijazah Disdik maka proses legalisir harus dilakukan ke Disdik. Bagi yang lulusan universitas atau perguruan tinggi, proses legalisir dapat dilakukan di kampusnya masing-masing.

Ada baiknya menyimpan beberapa dokumen ijazah atau pun transkrip nilai yang telah dilegalisir, hal itu sebagai bentuk antisipasi jika suatu saat memerlukan dokumen yang telah dilegalisir maka tidak perlu repot-repot lagi melakukan regalisir dokumen.

Itulah penjelasan singkat mengenai apa itu legalisir. Beberapa orang masih belum mengetahui apa itu legalisir, maka dengan adanya artikel ini diharapkan banyak orang yang mengetahui tentang legalisir.

Artikel lainnya :
Apa Itu ZIP Code ?
Apa Itu Netizen ? 
Disqus
Komentar via Disqus