Apa Itu Netizen ? Pengertian dan Penjelasannya

Apa Itu Netizen ? Pengertian dan Penjelasannya

apa itu netizen
Pengguna Internet dan Sosial Media terus mengalami tren peningkatan dari tahun ke tahunnya dan banyak sekali hal yang viral di internet khususnya di sosial media.

Hal tersebut tidak lepas dari peran para netizen yang membuat berbagai hal mencuat ke permukaan sehingga pada akhirnya menjadi trending dan viral. Lalu pertanyaannya sekarang siapakah itu netizen ? Yuk kita simak penjelasan terkait apa itu netizen berikut ini.

Apa itu Netizen ?


Netizen merupakan gabungan dua kata dalam bahasa inggris yang terdiri dari Internet dan Citizen (Warga) yang digabungkan menjadi Netizen yang berarti Warga Internet. Secara umum netizen memiliki arti seseorang yang terlibat di dalam suatu komunitas online atau pun internet.

Istilah tersebut menggabarkan seseorang yang memiliki minat dalam penggunaan internet untuk melakukan interaksi dengan pengguna lain atau melakukan aktivitas lainnya.

Sebutan netizen pertama kali dicetuskan pada pertengahan tahun 1990-an yang mana digunakan untuk menggambarkan mereka yang melakukan aktivitas dan mendiami geografi baru di internet. Penulis Michael F.Hauben merupakan orang yang mempopulerkan kata netizen.

Di Indonesia sendiri istilah Netizen juga dikenal dengan “Warganet”, penggunaan kata warganet lebih sering digunakan oleh pihak media atau pun jurnalis untuk menggambarkan seseorang yang melakukan aktivitas di internet.

Aktivitas Umum Netizen


1. Mencari Konten

Netizen pada umumnya melakukan aktivitas di internet dengan tujuan untuk mencari suatu konten yang mereka sukai atau pun suatu informasi yang memang dibutuhkan. Konten tersebut bisa ditemukan di media sosial, portal berita, forum dan yang lainnya. Bentuk konten yang dicari pun bermacam-macam, dapat berupa foto, video atau pun dalam bentuk artikel.

2. Menyebarkan Konten

Peran netizen dalam penyebaran konten memang patut diacungi jempol. Banyak konten yang dengan cepat menjadi viral karena peran para netizen yang dengan senang hati membagikan konten tersebut di akun miliknya atau pun membagikannya di platform yang berbeda.

Namun, tidak jarang para netizen membagikan suatu konten atau pun informasi tanpa mencari tahu terlebih dahulu kebenaran dari konten tersebut, sehingga berita hoax pun dengan cepat menyebar karena perilaku tersebut.

3. Mengomentari Konten

Setiap konten yang terbitkan di internet dan memiliki kolom komentar bisa dengan mudah dikomentari oleh para netizen. Terlebih lagi jika konten yang diterbitkan memiliki unsur yang dapat memancing komentar dari para netizen. Isi komentar sendiri bisa bermacam-macam, ada yang positif ada yang negatif, ada yang memberikan saran atau pun kritikan.

4. Menerbitkan Konten

Setiap konten yang tersebar di media sosial atau pun platform lainnya yang ada di internet tentu ada yang membuat dan menerbitkannya. Para netizen juga memiliki andil besar dalam memproduksi atau menghasilkan suatu konten yang kemudian tersebar di internet. Netizen dapat menerbitkan berbagai macam konten mulai dari foto, video, artikel dan konten-konten lainnya.

Menjadi Netizen yang Baik

1. Berhati-hati Dengan Apa yang Anda Katakan/Posting

Perlu diketahui bahwa di Indonesia pada saat ini terdapat undang-undang yang mengatur aktivitas dan perilaku kita di internet. Perhatikan kembali apakah konten yang akan diposting menyinggung pihak tertentu atau pun merugikan pihak lain, jika ya, maka lebih baik tidak perlu diposting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Hindari Berita Palsu/Hoax

Yang perlu dipahami adalah bahwa setiap informasi yang tersebar di internet tidak sepenuhnya benar. Perlu dilakukan pengecekan terlebih dahulu jika mendapatkan informasi di internet. Jangan menelan mentah-mentah informasi yang tersebar tanpa sumber yang jelas apalagi sampai membagikannya.

3. Hargai Perbedaan

Mungkin banyak hal yang kita temui di internet atau pun teman anda membagikan postingan yang tidak sepaham dengan anda. Jangan sampai perbedaan tersebut menimbulkan perselisihan dengan mengomentari menggunakan perkataan yang tidak pantas. Hargai perbedaan, karena setiap orang memiliki prinsip dan keyakinan yang berbeda-beda.

4. Jauhi Cyberbullying

Mencemooh atau berkata yang tidak pantas di postingan orang lain merupakan tindakan yang pada dasarnya dapat membahayakan diri anda sendiri karena bisa saja orang tersebut melaporkan anda ke pihak yang berwajib. Lebih baik jauhi hal-hal seperti itu dan fokus pada sesuatu yang positif.

Baca Juga : Apa Itu Japri ?

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan yang telah diuraikan oleh penulis maka pertanyaan “Apa Itu Netizen?” telah terjawab. Bahwa netizen merupakan orang-orang yang memanfaatkan internet untuk melakukan berbagai aktivitas terkait kebebasan berpendapat, akses terhadap informasi, pertemanan dan kegiatan sosial lainnya.

Image : micaeladavid,blogspot,com
Disqus
Komentar via Disqus