Apa Itu PMS ? Pengertian dan Penjelasan Lengkapnya

Apa Itu PMS ? Pengertian dan Penjelasan Lengkapnya

apa itu pms
Sering kali kita dengar istilah PMS dari seorang wanita yang sedang marah-marah atau emosinya sedang tidak stabil dan hal itu diyakini karena wanita tersebut sedang pms. Apakah benar bahwa pms dapat membuat seorang wanita menjadi emosian ? Berikut ini adalah penjelasan mengenai apa itu pms yang sudah tidak asing di telinga kita.

Apa Itu PMS ?


Pengertian PMS (Premenstrual Syndrome) adalah suatu keadaan yang mengacu pada gejala fisik dan perubahan emosi yang dialami oleh wanita, hal ini terjadi karena keadaan hormon yang tidak stabil menjelang menstruasi. Keadaan ini biasanya sembuh dengan sendirinya.

PMS (Premenstrual Syndrome) memiliki berbagai macam tanda dan gejala yang diantaranya adalah perbahan suasana hati, ngidam makanan tertentu, cepat lelah, lekas marah dan depresi. Diperkirakan bahwa 3 dari 4 wanita dewasa yang menstruasi mengalami sindrom pramenstruasi.

Gejala PMS (Premenstrual Syndrome)


Gejala yang muncul pada wanita pms umumnya berbeda-beda antara satu wanita dengan yang lainnya. Perubahan yang terjadi pada fisik atau pun emosi pada wanita yang mengalami pms dapat terjadi dalam kadar yang biasa saja sampai dengan yang intens. Berikut adalah beberapa tanda dan gejala yang biasanya muncul.

Gejala non fisik
  • Ketegangan atau kecemasan berlebih
  • Depresi
  • Suasana hati yang tidak stabil, mudah marah dan mudah turun
  • Perubahan nafsu makan
  • Sulit tidur (insomnia)
  • Malas bersosialisasi
  • Menurunnya konsentrasi
  • Perubahan libido
Gejala fisik
  • Nyeri sendi dan otot
  • Sakit kepala
  • Kelelahan
  • Penambahan berat badan
  • Perut kembung
  • Munculnya jerawat
  • Diare
Bagi sebagian orang perubahan akibat gejala fisik dan non fisik dapat mempengaruhi aktivitas keseharian mereka. Terlepas dari hal tersebut, pada umumnya gejala yang ada akan menghilang dalam periode empat hari dari awal menstruasi bagi sebagian besar wanita. Namun, pada kasus lainnya terdapat beberapa wanita yang mengalami gejala pms lebih lama.

Penyebab PMS

Pada dasarnya tidak ada penyebab pasti yang dapat membuat seorang wanita mengalami pms, namun terdapat beberapa faktor yang diyakini dapat memicu terjadinya pms.

Perubahan siklus hormon diyakini sebagai faktor penting yang dapat mengakibatkan seorang wanita mengalami pms. Perubahan zat kimia pada otak, stres dan depresi tidak menyebabkan seorang wanita mengalami pms namun hal tersebut dapat membuat pms menjadi lebih buruk.

Baca Juga : Apa Itu Posesif ?

Tingkat vitamin dan mineral rendah, serta natrium, alkohol dan kafein yang tinggi dapat memperparah gejala. PMS umumnya lebih sering terjadi pada wanita yang berusia 20-an dan awal 40-an, mempunyai setidaknya 1 anak, memiliki riwayat keluarga yang mengalami depresi, dan memiliki riwayat medis terkait depresi atau gangguan mood di masa lalu.

Gaya Hidup dan Pengobatan Alami

Gejala yang ditimbulkan oleh pms dapat sedikit dikurangi dengan cara merubah gaya hidup menjadi lebih baik seperti mengonsumsi makanan sehat, rutin berolahraga dan tidur yang cukup. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dicoba.

Pola makan

Batasi dan kurangi konsumsi yang banyak mengandung garam untuk mencegah retensi kembung dan cairan.

Pilih makanan yang tinggi karbohidrat kompleks seperti buah-buahan, sayuran dan gandum utuh.

Pilih makanan kaya kalsium dan hindari mengonsumsi kafein dan alkohol.

Olahraga ringan

Melakukan olahraga ringan seperti lari pagi/sore, bersepeda, berenang atau aktivitas aerobik yang dilakukan setidaknya 30 menit setiap harinya. Olahraga ringan yang dilakukan setiap hari dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi gejala tertentu seperti kelelahan atau suasanan hati yang tidak stabil.

Demikian penjelasan singkat terkait apa itu pms yang sering kita dengar. Semoga bermanfaat ..

Image : shutterstock,com
Disqus
Komentar via Disqus