Apa Itu Reseller ? Pengertian dan Tugasnya

Apa Itu Reseller ? Pengertian dan Tugasnya

apa itu reseller
Reseller merupan elemen penting di dalam proses distribusi barang sehingga barang tersebut dapat sampai ke customer akhir yang merupakan target pasar dari produk-produk yang ada. Lebih lanjut tentang apa itu reseller silahkan simak penjelasan berikut ini.

Apa itu Reseller ?


Pengertian reseller secara umum adalah orang yang membeli suatu produk dari orang lain dengan tujuan untuk dijual kembali kepada konsumen dengan harga yang lebih tinggi untuk mendapat keuntungan.

Seorang reseller biasanya mendapatkan barang dari supplier, distributor, grosir atau pun dari tempat lainnya. Pada dasarnya seorang reseller akan membeli produk di suatu sumber yang memiliki harga yang lebih murah dari pasaran.

Reseller akan mencari produk yang lebih murah dari harga pasaran agar produk tersebut dapat dijual kembali dengan harga yang miring. Harga yang miring perlu diterapkan oleh reseller agar dapat menjaring konsumen yang banyak.

Berbeda dengan dropship yang hanya meneruskan pesanan kepada penjual. Seorang reseller perlu memiliki stok barang untuk dijual kembali kepada konsumen. Jika tidak memiliki stok barang maka belum dapat dikatakan sebagai seorang reseller.

Tugas Reseller

  
Adapun tugas seorang reseller adalah sebagai berikut ;

1. Membuat daftar barang yang akan Dijual

Untuk seseorang yang akan baru memulai menjadi supplier maka perlu dilakukan riset terkait produk apa saja yang banyak dicari di pasaran dan memiliki peluang yang besar untuk dijual kembali kepada konsumen.

2. Order barang ke supplier

Setelah menemukan daftar barang yang akan dijual. Langkah selanjutnya adalah mencari supplier yang kredibel dan memiliki harga yang bersaing sehingga reseller dapat menjual kembali barang tersebut dengan harga terjangkau.

3. Menetapkan harga jual

Reseller dapat menetapkan harga jual kembali produk yang akan dijualnya, namun pada dasarnya reseller pun tidak akan serta-merta menetapkan harga yang terlalu tinggi, perlu dilakukan riset kecil untuk mengetahui harga yang ditetapkan oleh kompetitor dan harga tersebut dapat dijadikan acuan. Dalam kasus lain barang-barang yang dijual oleh reseller harganya telah ditetapkan oleh pihak supplier.

4. Menjual barang ke konsumen

Setelah barang restok dan harga telah ditetapkan maka reseller akan menjual barang yang ada. Menjual kembali barang kepada konsumen dapat dikatakan sebagai inti dari tugas seorang reseller.

5. Promosi

Untuk mendapatkan penjualan dengan angka maksimal maka cara yang biasa ditempuh oleh para reseller adalah dengan melakukan promosi baik offline atau pun online. Reseller biasanya memiliki anggaran khusus untuk melakukan promosi.

6. Melakukan cek ketersediaan barang

Ketersediaan barang merupakan suatu hal yang krusial. Reseller akan melakukan pengecekan secara berkala terkait ketersediaan barang. Jika terdapat barang yang memiliki stok sedikit maka reseller akan melakukan order barang kepada supplier.

Peluang Menjadi Reseller


Pada saat ini banyak sekali supplier atau pun pemilik brand produk tertentu yang gencar merekrut reseller untuk membantu memasarkan produk-produk mereka. Pemilik brand biasanya akan memberikan pembekalan atau pun pelatihan tentang strategi marketing dan pemasaran sebagai pembekalan sebelum mulai penjual produk-produk mereka.

Peran Internet Bagi Reseller


Perkembangan internet dan media sosial pada saat ini mengalami perkembangan yang cukup pesat, hal tersebut tentu dibaca dengan cepat oleh para reseller dan memanfaatkan hal tersebut untuk menjaring lebih banyak konsumen.

Baca Juga : Apa Itu Zip Code ?

Peluang penjualan yang jauh lebih besar memang terbuka lebar di era informasi seperti saat ini. Banyak reseller yang melakukan penjualan di media online seperti media sosial, market place, forum jual beli dan berbagi platform lainnya.

Perang Harga di Internet

Banyak reseller yang mengalami keadaan ini. Penjual di internet pada umumnya menurunkan harga jual pada produk mereka dengan harapan untuk menjaring lebih banyak konsumen yang pada akhirnya terjadilah perang harga diantara sesama penjual dengan menetapkan harga semurah mungkin dari penjual lainnya yang pada akhirnya mengakibatkan persaingan harga tidak sehat.

Demikian penjelasan mengenai apa itu reseller yang telah dirangkum dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat ..

Image : varstreetinc,com
Disqus
Komentar via Disqus