Apa Itu ZIP Code ? Pengertian dan Penjelasannya

Apa Itu ZIP Code ? Pengertian dan Penjelasannya

apa itu zip code
Mungkin anda pernah melakukan registrasi di suatu website atau pun aplikasi dan terdapat kolom yang mengharuskan anda untuk mengisi ZIP Code. Lalu sebenarnya apa itu ZIP Code ? Berikut adalah ulasannya.

Apa Itu ZIP Code ?


ZIP Code adalah kependekan dari Zone Improvement Plan merupakan sebuah kode yang digunakan dalam alamat pos dengan tujuan agar pengiriman surat atau paket dapat dilakukan lebih cepat dan efisien.

Di Indonesia sendiri ZIP Code lebih dikenal dengan Kode Pos yang merupakan serangkaian angka atau pun huruf untuk memudahkan proses penyortiran dan pemilihan surat atau paket.

ZIP Code atau Kode Pos pada dasarnya memiliki keunikan pada setiap angka atau kode yang mana kumpulan angka tersebut dapat mengidentifikasi suatu area atau wilayah.

Pada umumnya Kode Pos merupakan kumpulan angka yang terdiri dari lima angka, namun tidak menutup kemungkinan lebih dari lima angka untuk menunjukan lokasi yang lebih spesifik.

Negara yang pertama kali atau dapat dikatakan sebagai pelopor dalam penggunaan kode pos adalah Jerman yaitu pada tahun 1941, lalu Inggris mengikuti tepatnya pada tahun 1959 kemudian Amerika Serikat pada tahun 1963.

Pada bulan Februari 2005 tercatat 117 dari 190 negara anggota Universal Postal Union telah memiliki sistem kode pos masing-masing. Namun masih terdapat beberapa negara bahkan negara maju yang belum memiliki sistem kode pos seperti, Irlandia, Hongkong, Panama, dan Vietnam.

Jenis-Jenis Kode Pos (ZIP Code)


Kode Pos sendiri dibagi menjadi beberapa jenis tergantung dari tujuan penggunaanya. Berikut adalah 4 jenis kode pos yang ada pada saat ini.

1. Kodepos Unik

Merupakan suatu kode pos yang hanya digunakan oleh suatu lembaga, perusahaan atau pun pusat bisnis yang volume penerimaan suratnya tinggi sehingga diperlukan kode pos unik.

2. Kodepos Khusus

Merupakan suatu kode pos yang dialamatkan untuk Post Office Boxes (PO-BOX) yang merupakan suatu tempat penerimaan surat dan paket yang berbentuk kotak pos yang disewakan kepada masyarakat atau pun sebuah lembaga.

3. Kodepos Militer

Merupakan kode pos yang digunakan oleh pihak angkatan bersenjata atau militer ketika mengirimkan suatu surat atau pun paket.

4. Kodepos Umum

Mungkin inilah kode pos yang paling familiar di kalangan masyarakat. Karena kode pos ini sering kita gunakan ketika mengirimkan surat atau paket via POS.

Sistem Kode Pos


Telah kita ketahui bahwa kode pos terdiri lima angka yang dapat menunjukan suatu wilayah tertentu. Kode pos tersebut tidak dibuat begitu saja, namun terdapat pola yang berurutan sehingga kita dapat mengidentifikasi suatu lokasi hanya menggunakan kode pos yang digunakan. Berikut adalah pola yang digunakan di dalam kode pos.
  • Angka pertama menunjukan kode wilayah/provinsi di mana kantor pos tersebut berada
  • Angka kedua dan ketiga menunjukan area kabupaten atau kotamadya
  • Angka keempat menunjukan letak kecamatan kantor pos
  • Angka kelima menunjukan kode kelurahan atau desa
Pembagian Zona Kode Pos di Indonesia

Angka Pertama : Zona Pos (Wilayah)
1 : Jakarta, sebagian Banten dan Jawa Barat
2 : Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau
3 : Bengkulu, Jambi, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung
4 : Banten dan Jawa Barat
5 : Jawa Tengan dan Yogyakarta
6: Jawa Timur
7 : Kalimantan
8 : Bali dan Nusa Tenggara
9 : Sulawesi, Maluku, Papua

Baca Juga : Apa Itu COD (Cash On Delivery) ?

Itulah penjelasan mengenai apa itu zip code atau kode pos yang mana dapat memudahkan dalam menunjukan area atau lokasi dari alamat yang dituju.

Image : wikipedia,org
Disqus
Komentar via Disqus