Browser Adalah ? Pengertian, Fungsi dan Macamnya

Browser Adalah ? Pengertian, Fungsi dan Macamnya

pengertian browser adalah
Penggunaan internet pada saat ini sudah sangat masif sekali. Setiap orang pasti tidak asing lagi dengan yang namanya internet, kerena mayoritas orang dewasa bahkan anak-anak pernah menggunakannya. Berbicara tentang internet pasti kita pernah mencari sesuatu di internet, seperti informasi misalnya. Untuk menjelajahi internet maka diperlukan browser. Apa itu browser ? Simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian Browser Adalah Sebagai Berikut


Browser atau Web Browser adalah sebuah aplikasi perangkat lunak yang digunakan pada komputer atau pun ponsel yang berfungsi untuk mengakses World Wide Web.

Browser digunakan ketika akan menjelah di internet. Browser dapat menampilkan konten berupa web yang di dalamnya memuat artikel, gambar, video, dll.

Web Browser dengan mesin pencari merupakan dua hal yang berbeda. Mesin pencari merupakan situs web yang dapat menampilkan data dari situs web lain. Sedangkan browser merupakan aplikasi yang terinstal di komputer atau pun ponsel yang digunakan untuk mengakses situs pencari atau pun situs web lainnya.

Fungsi Browser


Secara umum fungsi dari browser adalah untuk menampilkan sumber daya informasi dari suatu situs web di perangkat pengguna. Untuk dapat menampilkan suatu situs web pengguna harus membuka browser lalu mengetikan alamat URL seperti www.zonanulis.com ke kolom address bar pada browser.

Setelah URL diketikan di kolom address bar maka halaman web akan diambil dan mesin rendering peramban akan menampilkannya di perangkat pengguna. Untuk dapat menampilkan halaman situs web di browser, perangkat harus memiliki koneksi internet terlebih dahulu.

Baca Juga : Pengertian Processor

Beberapa browser juga mendukung untuk menyimpan halaman web menjadi halaman offline, dengan begitu maka pengguna dapat mengakses situs web yang telah disimpan secara offline tanpa terhubung ke internet.

Browser pada umumnya memungkinkan pengguna untuk membuka banyak halaman sekaligus, itu artinya pengguna dapat membuka banyak situs dalam satu aplikasi browser. Selain itu, browser pada perangkat komputer terdapat fitur ekstensi yang memungkinkan pengguna untuk memodifikasi browser atau pun menambah fitur pada browser yang digunakan.

Macam-Macam Browser


Pada saat ini telah banyak sekali aplikasi browser yang dapat digunakan secara gratis. Masing-masing aplikasi browser memiliki kelebihan dan kekurangannya. Berikut adalah browser yang banyak digunakan pada saat ini.

1. Google Chrome

Browser google chrome dapat dikatakan sebagai browser paling populer di dunia. Mayoritas pengguna perangkat baik komputer atau pun ponsel menggunakan google chrome untuk terhubung ke internet.

2. Mozilla Firefox

Merupakan browser yang peringkat kedua yang paling banyak digunakan. Mozilla firefox memiliki banyak kelebihan salah satunya aplikasi yang ringan serta tampilan user friendly.

3. Internet Explorer

Merupakan browser default jika kita menggunakan sistem operasi windows di komputer. Internet Explorer sendiri merupakan produk dari perusahaan teknologi raksasa dunia yaitu microsoft.

4. Lain-lain

Selain browser yang telah disebutkan sebelumnya, masih banyak aplikasi browser pada saat ini seperti Safari, Opera, UC browser, Yandex, dll.

Demikian penjelasan terkati pengertian dan fungsi dari browser, semoga dapat menambah wawasan kita semua ..

Image : mukitalk,com
Disqus
Komentar via Disqus