Pengertian Prosesor (Processor) Pada Komputer, Fungsi dan Komponennya

Pengertian Prosesor (Processor) Pada Komputer, Fungsi dan Komponennya

pengertian processor dan fungsi processor
Di dalam sebuah komputer terdiri dari berbagai perangkat keras yang memiliki fungsinya masing-masing sehingga komputer dapat beroperasi sedemikian rupa. Salah satu yang memiliki peran penting di dalam sebuah komputer adalah processor, berikut adalah ulasan lengkap terkait pengertian, komponen dan fungsi processor.

Pengertian Processor


Central Processing Unit (CPU) atau lebih dikenal dengan Processor, adalah sebuah sirkuit elektronik yang ada di dalam sebuah komputer yang menjalankan intruksi dari program komputer (perangkat lunak) dengan melaksanakan dasar aritmatika, logika, dan input / output (I/O) operasi yang ditentukan oleh petunjuk.

Sebagian besar CPU modern adalah Mikroprosesor, yang berarti terkandung di dalam satu chip sirkuit terpadu (IC). IC yang berisi CPU juga dapat berisi memori, antarmuka periferal, dan komponen lain dari komputer, perangkat terintegrasi semacam itu disebut dengan mikrokontroler atau system on a chip (SoC).

Banyak komputer pada saat ini telah menggunakan processor multi-core, yang merupakan chip tunggal yang mengandung dua atau lebih CPU yang disebut “core”.

Processor merupakan komponen penting yang ada di dalam komputer karena processor berperan dalam semua aktivitas yang ada di dalam komputer. Processor sendiri memiliki kecepatan yang berbeda-beda dalam eksekusinya, hal itu tergantung dari frekuensi yang dimiliki oleh processor itu sendiri, adapun satuan yang digunakan dalam mengukur tingkat kecepatan suatu processor adalah Mhz (MegaHertz) atau GHz (1 GigaHertz = 1000 MegaHertz).

Komponen Pada Processor


1. Control Unit (CU)

Merupakan sirkuit yang menggunakan sinyal listrik untuk mengarahkan seluruh sistem komputer untuk melaksanakan seluruh instruksi program yang tersimpan. Pada dasarnya Control Unit tidak menjalankan instruksi program tersebut, tetapi meneruskannya ke bagian lain dari sistem untuk melakukannya. Control unit berkomunikasi dengan ALU dan memori.

2. Registry (Register)

Merupakan suatu alat penyimpanan kecil yang memiliki kecepatan akses cukup tinggi, digunakan untuk menyimpan data dan/atau instruksi yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, digunakan untuk menyimpan data saat diolah atau pun data yang untuk pengolahan selanjutnya.

3. Arithmatic Logical Unit (ALU)

Adalah sirkuit digital yang terdapat di dalam sebuah processor yang melakukan operasi aritmatika bilangan bulat dan logika bitwise. Input ke ALU adalah kata-kata data yang akan dioperasikan (operan), informasi status dari operasi sebelumnya, dan kode dari control unit yang menunjukan operasi yang harus dilakukan.

Bergantung pada intruksi yang dieksekusi, operan dapat berasal dari register CPU internal, memori eksternal, atau bahkan konstanta yang dihasilkan oleh ALU itu sendiri.

Fungsi Processor


Fungsi utama dari sebuah processor adalah tidak lain untuk melakukan operasi aritmetika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau pun informasi yang dimasukan melalui perangkat keras, seperti keyboard, mouse, dll. Processor hanya menerima input, melakukan proses, dan menghasilkan output. Processor tidak memiliki kemampuan untuk menyimpan data.

Demikian penjelasan singkat mengenai pengertian, komponen dan fungsi CPU atau Processor. Semoga bermanfaat ..

Image : evetech,co,za

Artikel lainnya : Perbedaan AM dan PM Pada Waktu
Disqus
Komentar via Disqus