Cara Menghidupkan Komputer dan Mematikan Sesuai Prosedur (Disertai Gambar)

Cara Menghidupkan Komputer dan Mematikan Sesuai Prosedur (Disertai Gambar)

cara-menghidupkan-komputer
Komputer pada saat ini sudah menjadi kebutuhan banyak orang. Di berbagai sektor seperti organisasi, perusahaan dan lembaga pendidikan penggunaan komputer sudah menjadi hal yang lumrah, hal itu tidak lain karena komputer banyak memberikan keuntungan dan kemudahan yang membuat pekerjaan lebih mudah dan cepat.

Di satu sisi masih banyak orang yang awam dalam penggunaan komputer bahkan cukup kesulitan ketika akan menghidupkan atau mematikan komputer. Jika anda adalah salah satunya maka tidak perlu khawatir, karena pada artikel ini penulis akan menjelaskan secara detail bagaimana caranya untuk menyalakan dan mematikan komputer sesuai prosedur yang benar.

Step by Step Menghidupkan dan Mematikan Komputer


Cara Menghidupkan Komputer


1. Pastikan kabel power monitor dan CPU sudah terhubung ke stop kontak listrik atau stabilizer.

2. Lalu tekan tombol Power pada monitor dan CPU, yang memiliki simbol lingkaran dengan garis setengah seperti pada gambar.

 
3. Untuk laptop, anda hanya tinggal mencari tombol power lalu tekan.

 

Cara Mematikan Komputer


1. Arahkan kursor ke pojok kiri bawah layar monitor lalu klik menu "Start".

 
2. Lalu klik menu "Shutdown".


3. Jika anda mematikan komputer tetapi masih ada beberapa aplikasi yang terbuka, maka akan muncul tampilan seperti berikut ini. Maka ada dua pilihan, anda pilih Cancel dan menutup semua aplikasi, atau pilih Force Shut Down maka aplikasi akan ditutup oleh sistem.


Baca Juga : Cara Ngeprint Dokumen
 

Cara Mematikan Komputer Pada Windows 8.1


1. Pertama anda harus memunculkan terlebih dahulu menu bar, yaitu dengan cara mengarahkan kursor mouse ke sudut kanan atas atau kanan bawah sampai muncul menu seperti di bawah ini.



2. Lalu pilih Setting, kemudian Power, lalu klik menu Shutdown.


Tips Agar Komputer Awet


1. Gunakan stabilizer / UPS

Penggunaan stabilizer bertujuan agar aliran listrik yang masuk ke komputer lebih stabil, hal ini untuk mengantisipasi aliran listrik pln yang terkadang tidak stabil.

UPS berfungsi untuk menampung listrik. Dengan menggunakan ups maka dapat mengantisipasi pemadaman listrik yang masih sering terjadi di indonesia. Dengan adanya ups maka komputer akan tetap menyala untuk beberapa menit meskipun aliran listrik terhenti, dan komponen komputer akan lebih awet akibat komputer mati secara mendadak.

2. Suhu ruangan yang sejuk / ventilasi memadai

Suhu komputer pada umumnya cepat sekali naik. Ruangan yang sejuk sedikit banyak dapat meredam suhu tinggi pada komputer. Jika memungkinkan gunakan AC pada ruangan yang terdapat komputer, jika tidak, pastikan ventilasi ruangan memadai.

3. Matikan komputer sesuai prosedur

Pengguna komputer bisa saja mematikan komputer langsung dengan menekan tombol power atau bahkan mencabut langsung kabel power dari stop kontak. Namun, hal tersebut tentu dapat membuat komputer tidak awet. Matikan komputer sesuai prosedur agar komputer tidak cepat rusak.

4. Jangan meletakan speaker di dekat monitor

Pada speaker terdapat komponen magnet di dalamnya, jika speaker di letakan terlalu dekat dengan layar monitor maka akan menyebabkan timbulnya garis-garis pada monitor secara perlahan.

5. Jangan gunakan laptop di atas kasur

Masih banyak orang yang menggunakan laptop di atas kasur mereka. Padahal kebiasaan tersebut dapat menyebabkan laptop berumur pendek. Menggunakan laptop di atas kasur membuat suhu laptop menjadi tinggi, hal tersebut karena panas di dalam laptop tidak bisa dikeluarkan karena terhalang oleh kasur.

Cara menghidupkan komputer dan mematikannya haruslah sesuai prosedur dan dilakukan dengan cara yang benar. Hal tersebut bertujuan agar usia penggunaan komputer atau laptop dapat berlangsung lama. Sekian tips kali ini. Semoga bermanfaat ...

Image : digitalunite,com
Disqus
Komentar via Disqus