URL Adalah: Pengertian, Struktur dan Uraiannya

URL Adalah: Pengertian, Struktur dan Uraiannya

URL Adalah
Sebagai orang yang hidup di zaman modern pasti kita tidak asing dengan yang namanya internet. Kita pasti pernah mencari informasi di internet atau mengunjungi situs yang berisi informasi yang butuhkan. Saat akan mengunjungi situs maka anda harus mengetikan alamat web pada address bar. Alamat web tersebut tidak lain adalah url. Lebih jelas tentang url, silahkan simak pembahasan berikut ini.

Pengertian URL Adalah Sebagai Berikut


URL kependekan dari Uniform Resource Locator, adalah bentuk pengidentifikasian unik yang digunakan untuk menemukan sumber daya serta protokol yang digunakan untuk mengaksesnya, secara sederhana url adalah sebuah alamat web.

URL sendiri terdiri dari beberapa bagian yang diantaranya termasuk protokol dan nama domain yang dapat memberitahu web browser bagaimana dan di mana mengambil sumber daya. Untuk mengunjungi sebuah situs, pengguna harus mengetikan URL pada kolom address bar di browser.

Struktur URL


URL berisi struktur yang diperlukan untuk mengakses sumber daya, serta nama dari sumber daya. Bagian pertama dari URL mengidentifikasi protokol apa yang digunakan sebagai media akses utama. Bagian kedua untuk mengidentifikasi alamat IP atau nama domain, pada beberapa web bahkan memiliki subdomain.

Protokol URL terdiri dari HTTP (Hypertext Transfer Protocol) dan HTTPS (HTTP Secure) untuk sumber daya web, Mailto untuk alamat email, ftp untuk file pada server File Transfer Protocol (FTP), dan telnet untuk sesi yang digunakan untuk mengakses komputer jarak jauh. Sebagian besar dari protokol URL diikuti oleh tanda titik dua dan dua garis miring. Untuk mailto sendiri hanya diikuti oleh titik dua.

Baca Juga : Pengertian Browser, Fungsi dan Macamnya

Pada umumnya URL berisi informasi berikut :
  • Protokol yang digunakan untuk mengakses sumber daya
  • Lokasi server (apakah berdasarkan alamat IP atau nama domain)
  • Nomor port di server (opsional)
  • Lokasi sumber daya dalam struktur direktori server
  • Pengidentifikasian fragmen (opsional)

Bagian-bagian URL


Berikut adalah penjelasan lebih lengkap terkait bagian-bagian yang ada pada url.

http:// atau https://

Memungkinkan browser untuk mengetahui protokol apa yang akan digunakan untuk mengakses informasi yang ditentukan dalam domain. Setelah http atau https adalah titik dua : dan dua garis miring // .

URL tidak terbatas hanya pada http atau https. Bisa juga FTP, TFTP, Telnet atau pun yang lainnya.

Perbedaan HTTP dan HTTPs

HTTP dan HTTPs digunakan untuk mengambil data dari server web untuk melihat konten di browser. Perbedaan di antara keduanya adalah HTTPs menggunakan sertifikat Secure Socket Layer (SSL) untuk mengenkripsi koneksi antara pengguna akhir dan server, sedangkan HTTP tidak.

HTTPs sangat penting untuk melindungi informasi yang sensitif, seperti password, nomor kartu kredit, identitas atau informasi penting lainnya dari akses yang tidak sah. Pada saat ini rata-rata website telah menggunakan HTTPs untuk koneksi mereka.

www.

Adalah singkatan dari World Wide Web yang digunakan untuk membedakan konten. Bagian url ini tidak terlalu diperlukan, bahkan pengguna dapat mengakses url tanpa mengetikan www dan tetap dapat mengakses situs yang diinginkan.

Namasitus[dot]com

Adalah nama domain dari situs web. Bagian terakhir dari domain dikenal dengan akhiran domain atau TLD. Akhiran dari domain dapat mengidentifikasi jenis atau lokasi dari situs web. Seperti “.com” adalah kependekan dari commercial, “.org” adalah kependekan dari organization, dan berbagai ekstensi domain lainnya.

Direktori

Yaitu untuk mengetahui di mana server halaman web berada. Pada sebagian besar server, direktori public_html adalah direktori default yang berisi file html.
url.htm

Adalah halaman web aktual pada domain. .htm adalah ekstensi file dari halaman web yang menunjukan bahwa file tersebut adalah file html. Ekstensi lain diantaranya adalah .php, .asp, .cgi, .xml, .jpg dan .gif. Masing-masing dari ekstensi tersebut menjalankan fungsi yang berbeda, sama halnya serperti berbagai file yang ada di komputer.

Image : HowToGeek,com
Disqus
Komentar via Disqus