Apa Itu Aklamasi: Arti Kata dan Contohnya

apa itu aklamasi adalah

Terdapat banyak sekali kumpulan kata dalam Bahasa Indonesia yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak juga di antaranya yang jarang digunakan seperti aklamasi. Sehingga tidak mengherankan jika masih banyak orang yang belum mengetahui arti aklamasi. Oleh karena itu pada artikel ini akan dijelaskan lebih lanjut tentang apa itu aklamasi. Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Aklamasi?

Dikutip dari KBBI arti aklamasi adalah suatu pernyataan setuju secara lisan dari seluruh peserta rapat dan sebagainya terhadap suatu usul tanpa melalui pemungutan suara. Beberapa bentuk dari pernyataan setuju tersebut dapat diungkapkan dengan tepuk tangan, sorak sorai, jeritan, dan sebagainya.

Contoh Aklamasi

Salah satu contoh aklamasi adalah pada pemilihan ketua umum partai yang hanya memiliki satu calon tunggal. Sehingga calon tunggal tersebut terpilih menjadi ketua umum partai secara aklamasi. Artinya ketua umum tersebut terpilih bukan dari hasil pemungutan suara tetapi berdasarkan keputusan seluruh kader partai yang ada.

Baca juga: Arti Kata Alokasi

Perbedaan Voting dan Aklamasi

Voting adalah pemungutan suara dengan tujuan untuk mendapatkan satu pilihan dari beberapa pilihan yang ada. Seperti misalnya digunakan saat memutuskan siapa yang akan menjadi ketua dari beberapa kandidat yang ada. Untuk hal ini maka bisa dilakukan voting atau pemungutan suara dari para anggota. Kandidat yang mendapatkan voting terbanyak akan diangkat sebagai ketua.

Contoh lain adalah ketika harus memilih satu keputusan dari beberapa keputusan. Jika tidak menemukan kata mufakat maka bisa diadakan voting dengan melibatkan semua anggota yang ada. Setiap anggota harus memilih keputusan mana yang akan diambil. Keputusan yang memperoleh suara terbanyaklah yang pada akhirnya akan digunakan.

Berdasarkan penjelasan tersebut bisa kita lihat perbedaan antara voting dengan aklamasi. Yaitu voting merupakan pemungutan suara untuk memporel suatu pilihan, pernyataan, keputusan, dan sebagainya. Sedangkan aklamasi merupakan pernyataan setuju secara lisan tanpa adanya pemungutan suara.

Kelebihan dan Kekurangan

Pemilihan berdasarkan voting dianggap lebih adil karena setiap anggota dapat memberikan haknya, akan tetapi memerlukan lebih banyak waktu dalam prosesnya. Sedangkan aklamasi dianggap tidak memperhatikan aspek keadilan, tetapi pada prosesnya berlangsung lebih cepat.

Pada akhirnya antara voting dan aklamasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Setiap kelompok bebas ingin menggunakan metode yang mana dalam suatu proses pemilihan. Sekian pembahasan tentang arti aklamasi dan perbedaannya dengan voting, semoga bermanfaat.

Bagikan:

Leave a Comment