Apa Itu Obsesi – Arti Kata dan Definisinya

apa itu obsesi

Obsesi terkadang dimiliki oleh orang-orang yang sangat ingin sekali mencapai tujuannya seperti ingin mewujudkan suatu ide, gagasan, atau yang lainnya. Obsesi juga biasanya ditujukan kepada orang yang sangat ingin atau bahkan tergila-gila terhadap orang lain dan ingin memiliki orang tersebut sepenuhnya. Lalu apa itu obsesi ?

Pada artikel kali ini penulis akan menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan obsesi, tanpa berlama-lama berikut adalah penjelasannya.

Apa Itu Obsesi

Dikutip dari kbbi arti kata obsesi adalah sebagai berikut:

  • Ide atau perasaan yang sangat merasuki pikiran
  • Gangguan jiwa berupa pikiran yang selalu menggoda seseorang dan sukar dihilangkan

Sinonim, persamaan, atau kata lain dari obsesi adalah keinginan, gandrung, dll.

Antonim atau lawan kata dari obsesi adalah tidak peduli.

Baca juga : Apa Itu Minder?

Efek Dari Obsesi

Memiliki obsesi adalah hal yang sah-sah saja selama obsesi tersebut merupakan sesuatu yang positif dan dapat membawa kita mencapai pada tujuan yang diinginkan.

Namun obsesi menjadi tidak baik ketika sudah di luar batas wajar dan merugikan orang lain. Tipe obsesi seperti ini sebaiknya dihilangkan karena akan berdampak buruk bagi diri sendiri maupun orang lain.

Obsesi terhadap seseorang pada umumnya akan merugikan pihak lain yaitu orang yang dijadikan target obsesi tersebut yang mana akan membuat yang bersangkutan merasa risih bahkan terancam terhadap orang yang terobsesi.

Jika sudah pada tahap seperti ini sebaiknya mencari kegiatan lain yang lebih positif untuk mengalihkan pikiran dan tidak terfokus pada obsesi yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Dengan melakukan kegiatan lain maka otomatis pikirian kita akan terfokus pada kegiatan yang dilakukan dan pada akhirnya obsesi-obsesi tersebut dapat dihilangkan.

Pada akhirnya kita sendiri yang dapat menentukan obsesi seperti apa yang ingin dicapai. Namun ada baiknya energi dari obsesi tersebut digunakan untuk hal-hal yang positif agar mendapatkan hasil yang positif juga dan tidak merugikan pihak lain tentunya.

Demikian penjelasan singkat terkait apa itu obsesi dan kata-kata yang terkait, semoga bermanfaat.

Bagikan:

Leave a Comment