Apa Itu Administratif: Arti Kata dan Definisi

apa itu arti administratif

Terdapat banyak sekali kumpulan kata dalam Bahasa Indonesia. Banyak di antaranya yang cukup sering digunakan seperti misalnya administratif. Meskipun sering digunakan, akan tetapi masih banyak yang belum mengetahui arti dari administratif. Jika Anda belum mengetahui apa itu administratif maka Anda sudah berada di website yang tepat. Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut tentang artinya.

Apa Itu Administratif

Dikutip dari KBBI arti administratif adalah secara administrasi; bersangkut-paut (berkaitan) dengan administrasi. Sedangkan administrasi sendiri adalah usaha dan kegiatan yang meliputi penetapan tujuan serta penetapan cara-cara penyelenggaraan pembinaan organisasi.

Arti lain dari administrasi adalah usaha dan kegiatan yang berkaitan dengan penyelenggaraan kebijakan untuk mencapai suatu tujuan; kegiatan yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan; kegiatan kantor dan tata usaha.

Istilah administratif erta kaitannya dengan pemerintahan seperti misalnya wilayah administratif. Yaitu wilayah yang terbentuk karena adanya kebijakan politis dari pemerintah. Wilayah administratif merupakan suatu daerah pada umumnya memiliki batas-batas antara satu wilayah dengan yang lainnya seperti misalnya kabupaten, atau provinsi.

Baca juga: Arti Kata Agenda

Syarat Administratif

Syarat administratif adalah berbagai persyaratan yang harus dipenuhi terkait suatu hal tertentu. Persyaratan tersebut dapat berupa dokumen, non teknis, dan sebagainya. Seperti misalnya ketika ingin membangun sebuah rusun maka terdapat banyak persyaratan admnistratif yang harus dipenuhi oleh pengembang agar dapat mendapatkan izin dari pemerintah.

Contoh lain adalah ketika membuat suatu laporan penelitian maka terdapat persyaratan administratif yang harus terpenuhi. Beberapa di antaranya seperti tata tulis masalah, ejaan, struktur kalimat, dan lain sebagainya.

Berdasarkan contoh di atas, syarat administratif dapat berbeda satu sama lain tergantung dari hal apa yang ingin dicapai. Secara umum syarat administratif harus terpenuhi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Demikian penjelasan tentang arti administratif semoga dapat bermanfaat.

Bagikan:

Leave a Comment