Apa Itu Edit: Arti Kata dan Contohnya

apa itu edit adalah

Terdapat banyak sekali kumpulan kata dalam Bahasa Indonesia. Banyak di antaranya yang cukup sering digunakan seperti misalnya kata edit. Meskipun sering digunakan, akan tetapi masih banyak yang belum mengetahui arti dari edit. Jika Anda belum mengetahui apa itu edit maka Anda sudah berada di website yang tepat. Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut tentang artinya.

Apa Itu Edit?

Dikutip dari KBBI arti edit adalah mempersiapkan naskah siap cetak atau siap terbit (dengan memperhatikan segi ejaan, diksi, dan struktur kalimat). Beberapa arti lain dari edit adalah sebagai berikut:

  • Menyunting
  • Merencanakan dan mengarahkan penerbitan (surat kabar, koran, majalah, dll)
  • Menyusun (film, pita rekaman) dengan memotong dan memadukan kembali

Selain dalam bahasa Indonesia, kata edit juga dapat kita temukan dalam bahasa Inggris. Dari sisi arti kurang lebih memiliki kesamaan yaitu menyiapkan (materi tertulis) untuk publikasi dengan cara mengoreksi, memadatkan, atau dengan memodifikasinya.

Pada praktenya istilah edit sering digunakan untuk banyak hal yang membutuhkan proses penyuntingan agar didapatkan hasil maksimal dan siap untuk dipublikasikan. Beberapa hal yang biasanya dibutuhkan proses edit atau penyuntingan adalah naskah, video, audio, fotografi, dan sebagainya.

Baca juga: Arti Kata Adjustment

Contoh Edit

Berikut ini adalah beberapa hal yang biasanya dilakukan proses edit terlebih dahulu sebelum dipublikasikan.

1. Tulisan

Entah itu naskah, karya ilmiah, penelitian, atau berbagai tulisan lainnya pada umumnya dilakukan proses edit terlebih dahulu sebelum dipublikasikan. Tujuan dari edit adalah untuk menghasilkan karya yang benar, akurat, konsisten, dan lengkap.

Selain itu proses edit dilakukan untuk mengoreksi jika terdapat kesalahan dari tata bahasa, ejaan, atau kata yang digunakan. Dengan begitu karya yang dihasilkan dapat dipertanggungjawabkan dan dapat digunakan serta bermanfaat bagi khalayak luas.

2. Video

Sebuah video yang baru direkam pada umumnya tidak langsung dipublikasikan begitu saja. Akan tetapi melalui beberapa proses terlebih dahulu salah satunya adalah proses editing. Editing pada video dilakukan untuk menghasilkan kualitas terbaik dan informasi di dalamnya dapat tersampaikan dengan baik kepada audience.

Pada proses editing banyak hal yang dilakukan beberapa di antaranya adalah dengan menambahkan backsound, efek, memotong rekaman, dan sebagainya. Setelah melalui proses editing barulah video akan dipublikasikan atau didistribusikan kepada pihak tertentu.

Itulah pembahasan singkat tentang arti kata edit dan beberapa contohnya semoga bisa bermanfaat.

Bagikan:

Leave a Comment