Apa Itu Pansos ‘Panjat Sosial’ – Arti dan Definisinya

apa itu arti kata pansos panjat sosial

Pansos atau panjat sosial merupakan fenomena yang saat ini sering terjadi dan dilakukan oleh orang-orang yang memiliki niat untuk menaikan kelas sosialnya di masyarakat.

Istilah pansos sering kita dengar dewasa ini, biasanya istilah pansos digunakan di media sosial dan ditujukan kepada seseorang yang memiliki niat untuk menaikan kelas sosialnya dengan mendekati seseorang yang memiliki kelas sosial di atasnya.

Secara umum orang yang pansos atau panjat sosial biasanya tidak disukai netizen, oleh sebab itu orang pansos biasanya memiliki stigma negatif di kalangan netizen. Lalu apa itu pansos ? Berikut adalah penjelasannya.

Apa Itu Pansos ?

Kata Pansos merupakan akronim dari Panjat Sosial atau dalam bahasa inggris disebut Social Climbing, merupakan sebuah perilaku ketika seseorang mencoba mendekati atau bersikap ramah terhadap orang dengan kelas sosial yang lebih tinggi dengan tujuan agar mereka diterima di kelas sosial tersebut.

Baca juga : Apa Itu Notice?

Orang yang pansos cenderung tidak menerima atau tidak puas dengan keadaan sosialnya saat ini, sehingga mereka mencoba mencari kelas sosial yang lebih tinggi dan mencoba masuk ke dalamnya dengan mendekati atau berperilaku ramah terhadap orang yang kelas sosialnya berada di atasnya dengan tujuan agar mereka diakui.

Alasan Seseorang Menjadi Pansos

Tidak dapat dipungkuri pada saat ini banyak sekali orang yang ingin mendapatkan sesuatu secara cepat seperti mendapatkan kekayaan, harta benda, bahkan sampai status sosial. Oleh karena itu tidak sedikit diantara mereka yang melakukan berbagai cara untuk mencapai tujuan mereka salah satunya adalah mereka yang melakukan panjat sosial.

Tujuan seseorang yang melakukan panjat sosial tidak lain adalah untuk menaikan kelas sosialnya, menjadi terkenal, atau ingin lebih dipandang. Hal tersebut pada dasarnya tidaklah salah, tapi menjadi kurang tepat ketika cara-cara yang digunakan adalah cara instan dengan mendekati orang-orang yang kelas sosialnya lebih tinggi dengan maksud mencapai tujuan tertentu.

Cara Menyikapi Orang yang Panjat Sosial

Sebagai manusia kita tentu tidak ingin menjadi orang yang dimanfaatkan oleh orang lain untuk mencapai tujuan mereka. Namun cara menyikapi orang yang panjat sosial tersebut bisa berbeda-beda pada tiap orang, jika Anda tidak masalah ketika ada orang lain yang mendekati hanya untuk menaikan kelas sosial maka itu sah-sah saja.

Tetapi jika Anda keberatan maka kita bisa tegaskan kepada orang tersebut bahwa kita tidak ingin mereka mendekati kita hanya untuk menaikan kelas sosial mereka, tentu Anda mengatakan hal ini dengan cara baik-baik agar tidak terjadi perselisihan dengan mereka.

Itulah sekilas pembahan tentang pansos atau panjat sosial semoga bisa menambah pengetahuan kita semua.

Bagikan:

Leave a Comment