Apa Itu Personalisasi: Arti Kata, Sinonim, Antonim, dan Contohnya

apa itu personalisasi

Istilah personalisasi mungkin sering kita jumpai ketika melakukan pengaturan pada ponsel atau di sebuah akun tertentu. Namun, bisa jadi kita masih belum mengetahui tentang apa itu arti personalisasi.

Jika Anda belum mengetahui tentang arti dari kata personalisasi maka Anda sudah berada di artikel yang tepat. Karena pada artikel ini akan dijelaskan lebih lanjut tentang arti personalisasi. Berikut adalah pengertiannya.

Apa Itu Personalisasi?

Dikutip dari KBBI arti personalisasi adalah proses, cara, tindakan mengubah atau memodifikasi sesuatu (telepon, komputer, dan lainnya) untuk menunjukan ciri personal tertentu.

Secara umum personalisasi merupakan proses atau strategi yang digunakan untuk menyediakan pengalaman atau konten yang disesuaikan dengan kebutuhan, preferensi, dan perilaku individu.

Dalam konteks digital, personalisasi seringkali digunakan dalam situs web, aplikasi, platform media sosial, dan layanan online lainnya untuk memberikan pengalaman yang lebih relevan dan menarik bagi pengguna.

Personalisasi mengandalkan teknologi dan data pengguna untuk mengenali, mengumpulkan, dan menganalisis informasi tentang individu, seperti riwayat penelusuran, aktivitas online, lokasi, dan preferensi.

Berdasarkan data ini, sistem dapat menyesuaikan konten, rekomendasi, atau tampilan yang ditampilkan kepada setiap pengguna secara unik sesuai dengan preferensinya.

Baca juga: Arti Kata Finalis

Sinonim Personalisasi

Terdapat beberapa sinonim yang memiliki makna yang kurang lebih sama dengan personalisasi dan berikut ini beberapa diantaranya.

1. Kustomisasi

Merujuk pada proses menyesuaikan atau mengubah sesuatu sesuai dengan kebutuhan dan preferensi individu. Kustomisasi digunakan untuk menyediakan pengalaman yang lebih pribadi dan sesuai dengan keinginan pengguna.

2. Individualisasi

Menggambarkan proses atau strategi untuk mengenali dan memahami kebutuhan dan preferensi individu, dan menyediakan konten atau layanan yang disesuaikan secara khusus untuk setiap pengguna.

3. Disesuaikan

Menggambarkan sesuatu yang telah diubah atau diatur sedemikian rupa agar cocok atau sesuai dengan keinginan atau karakteristik pengguna.

4. Penyesuaian Unik

Menggambarkan proses memberikan penyesuaian atau adaptasi yang unik dan berbeda untuk setiap individu, sesuai dengan kebutuhan mereka.

Antonim Personalisasi

Terdapat beberapa antonim atau lawan kata dari personalisasi yang memiliki makna berlawanan dan berikut ini beberapa diantaranya.

1. Standarisasi

Merujuk pada proses menyamakan atau menetapkan sesuatu sesuai dengan standar yang berlaku untuk semua orang.

2. Umum

Menggambarkan sesuatu yang bersifat umum atau tidak disesuaikan dengan kebutuhan atau preferensi individu.

3. Baku

Menggambarkan sesuatu yang telah ditetapkan atau diatur menurut aturan yang sudah ditentukan, tanpa adanya penyesuaian khusus untuk individu.

4. Seragam

Merujuk pada sesuatu yang sama atau serupa untuk semua orang, tanpa membedakan karakteristik atau preferensi individu.

5. Umum

Menggambarkan sesuatu yang bersifat umum atau standar, yang berlaku untuk semua orang tanpa mempertimbangkan perbedaan individu.

6. Massal

Fokus pada pengalaman atau konten yang diberikan secara besar-besaran dan tidak difokuskan pada kebutuhan atau preferensi individu.

Contoh Personalisasi Dalam Dunia Digital

Berikut ini merupakan beberapa contoh personalisasi yang biasanya diterapkan di dalam dunia digital.

1. Media Sosial

Platform media sosial menggunakan personalisasi untuk menyajikan konten yang paling relevan dan menarik bagi pengguna.

Beberapa contoh personalisasi di media sosial diantaranya feed, rekomendasi teman, iklan, dll.

2. Layanan Video dan Streaming

Platform layanan streaming seperti Youtube atau Netflix menggunakan personalisasi untuk menyediakan rekomendasi konten yang paling cocok dengan selera pengguna.

Beberapa contoh personalisasi dalam layanan streaming diantaranya menyajikan daftar putar sesuai dengan ketertarikan pengguna.

3. E-Commerce

Di dunia e-commerce, personalisasi digunakan untuk memberikan pengalaman belanja yang disesuaikan dengan preferensi dan perilaku pengguna.

Beberapa contoh personalisasi di e-commerce diantaranya menampilkan rekomendasi produk dan memberikan penawaran khusus.

Bagikan:

Leave a Comment