Arti Kumaha Damang Beserta Cara Menjawabnya

arti kumaha damang adalah

Bahasa Sunda merupakan salah satu bahasa daerah dengan penutur terbanyak di Indonesia. Hal ini tidak mengherankan bahwa banyak orang yang menggunakan bahasa tersebut dan ingin mempelajarinya.

Beberapa kata dan frasa dalam Bahasa Sunda juga cukup umum digunakan salah satunya adalah kumaha damang. Jika Anda belum mengetahui arti kumaha damang maka sudah ada di website yang tepat. Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Arti Kumaha Damang

Secara umum arti kumaha damang adalah “Bagaimana sehat?”. Lebih lanjut istilah kumaha damang digunakan untuk menanyakan kabar seseorang ketika bertemu. Dalam Bahasa Indonesia kurang lebih sama seperti “Apa kabar?”.

Dalam masyarakat sunda menanyakan kumaha damang merupakan hal yang umum dilakukan. Biasanya digunakan jika kedua orang atau lebih baru bertemu satu sama lain dan mengucapkan kumaha damang untuk menanyakan kabar.

Menanyakan kabar seseorang pada dasarnya merupakan sesuatu yang baik. Hal ini karena menandakan bahwa kita peduli terhadap keadaan seseorang. Jika memungkinkan kita juga bisa menolong jika keadaan orang lain tidak dalam kondisi baik.

Baca juga: Cara Menjawab Hatur Nuhun

Cara Menjawab Kumaha Damang

Setiap ada yang menanyakan kabar pasti kita harus menjawabnya tergantung dengan kondisi dan keadaan kita. Jika ada yang menanyakan kumuha damang maka kita bisa menjawabnya dengan “Alhamdulillah, sae” yang berarti “Alhamdulillah, baik”.

Jawaban tersebut biasanya digunakan oleh kalangan muslim karena menggunakan istilah “Alhamdulillah”. Kata “sae” sendiri memiliki makna “bagus” atau “baik”.

Untuk non muslim jika ditanya “Kumaha damang?” dapat menjawab dengan “sae”. Selain itu bisa juga dijawab dengan menggunakan “damang” yang berarti dalam kondisi sehat atau baik-baik saja.

Jika kita ditanya kabar oleh orang lain, pada umumnya kita juga akan menanyakan kembali kabar dari orang tersebut. Hal ini juga berlaku dalam Bahasa Sunda, jika ada orang yang menanyakan kabar maka Anda bisa menanyakan kembali kabar orang tersebut.

Dalam hal ini Anda bisa menggunakan “Didinya kumaha?” yang memiliki arti “Kamu bagaimana?” dalam konteks ini adalah menanyakan tentang kabar. Bisa juga menggunakan “Kumaha samulihna?” yang berarti “Gimana sebaliknya?” yaitu perihal menanyakan kabar.

Sekian pembahasan tentang kumaha damang beserta cara menjawabnya. Bisa Anda gunakan untuk menanykan kabar ketika mengunjungi daerah jawa barat, banten, atau siapapun penutur Bahasa Sunda.

Bagikan:

Leave a Comment