Apa Itu Daring dan Luring Dalam Belajar – Arti dan Definisinya

apa itu daring luring dalam bejalar

Pada masa pandemi ini banyak aspek kehidupan yang harus melakukan adaptasi dikarenakan dibatasinya ruang gerak demi menekan penyebaran kasus covid. Salah satu aspek yang dibatasi adalah proses belajar mengajar, beruntung dengan kemajuan teknologi hal tersebut sedikit banyak bisa diatasi yaitu dengan belajar daring.

Istilah daring sendiri saat ini lebih sering terdengar, berbeda dengan sebelum masa pandemi mungkin masih banyak yang belum mengenal istilah daring. Lalu apa itu daring ? Berikut penjelasan detailnya.

Apa Itu Daring ?

Kata Daring adalah akronim dari ‘dalam jaringan’ atau dalam bahasa inggris dikenal dengan online. Secara sederhana ‘dalam jaring’ berarti sedang terhung ke jaringan atau pun sedang terkoneksi ke internet.

Dengan demikian belajar daring atau belajar online adalah proses belajar yang dilakukan melalui perangkat device yang terhubung dengan koneksi internet dan para murid menggunakan device tersebut yang sudah diinstal dengan aplikasi khusus agar murid dan guru bertemu secara online untuk memulai proses belajar mengajar.

Baca juga : Apa Itu Stalking?

Belajar daring memungkinkan kita bisa belajar dari mana saja selama memiliki perangkat komputer atau device lainnya dan terhubung dengan koneksi internet. Saat belajar daring kita tidak harus bertatap muka atau pun bertemu dengan pengajar karena pembelajaran dilakukan dengan perantara aplikasi yang dapat diakses dari mana saja.

Meskipun belajar daring dianggap lebih fleksibel, tetapi pada prakteknya dianggap kurang efektif karena penjelasan materi dari guru terkadang tidak tersampaikan dengan baik, terlebih lagi di Indonesia sendiri jaringan internet belum tersebar secara merata belum lagi sering terjadi gangguan pada provider penyedia internet.

Apa Itu Luring ?

Kata Luring adalah akronim dari ‘luar jaringan’ dalam bahasa inggris disebut dengan offline. Yaitu kondisi ketika tidak terhubung dengan jaringan.

Pembelajaran Luring atau offline adalah ketika guru dan murid bertemu secara langsung di kelas dan melakukan proses belajar mengajar. Belajar secara luring atau offline saat ini dianggap masih lebih efektif dibandingkan belajar secara daring karena materi bisa tersampaikan secara langsung.

Kelebihan dan Kekurangan Belajar Daring dan Luring

Seperti pada umumnya pasti ada kelebihan dan kekurangan pada setiap hal begitu juga dengan belajar daring dan luring. Apa saja kelebihan dan kekurangannya ? berikut penjelasannya.

Kelebihan Belajar Daring

  • Cenderung lebih aman ketika terjadi pandemi
  • Tempat lebih fleksibel karena bisa diakses di mana saja
  • Waktu luang lebih banyak karena tidak perlu datang ke sekolah

Kekurangan Belajar Daring

  • Pengeluaran tambahan untuk biaya device dan berlangganan internet
  • Tidak ada pengawasan langsung dari guru
  • Pemahaman murid terhadap materi cenderung lebih rendah
  • Tidak ada interaksi langsung sesama murid dan juga guru
  • Keterbatasan akses internet

Kelebihan Belajar Luring

  • Pengawasan langsung dari guru saat belajar
  • Adanya interaksi antar siswa dan juga guru
  • Pemahaman terhadap materi lebih baik
  • Tidak ada biaya tambahan untuk berlangganan internet atau pun membeli device

Kekurangan Belajar Luring

  • Lebih beresiko ketika terjadi pandemi

Itulah penjelasan singkat tentang apa itu daring dan luring pada proses belajar mengajar, semoga bermanfaat.

Bagikan:

Leave a Comment